Sukses

Status Gunung Kelud Naik Lagi Jadi `Siaga`

Sebelumnya status Gunung Kelud adalah Waspada (Level II).

Aktivitas vulkanik Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur meningkat. Akibatnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Kelud menjadi Siaga (level III) terhitung pada Senin pukul 16.00 WIB.

"Sebelumnya status Gunung Kelud adalah Waspada (Level II). Direkomendasikan pendaki, wisatawan, dan masyarakat tidak mendekati puncak kawah Gunung Kelud," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan tertulisnya, Senin (10/2/2014).

Sutopo menerangkan, Kepala PVMBG Hendrasto telah melaporkan kepada Kepala BNPB terkait peningkatan status Siaga tersebut. Peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik menunjukkan peningkatan dan didominasi oleh gempa vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam. Data suhu air panas di Kawah Gunung Kelud dan pemantauan visual juga menunjukkan peningkatan.   

Dia menjelaskan, daerah yang berpotensi terlanda bahaya letusan Gunung Kelud pada Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) yaitu merupakan kawasan yang selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan dan aliran lava. Serta kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat dalam radius 2 km dari pusat erupsi.  "Pada radius 2 km tidak ada permukiman," kata Sutopo.

Sedangkan Kawasan Rawan Bencana II (KRB II) merupakan kawasan yang berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat dalam radius 5 km dari pusat erupsi.

"Pada radius 5 km diperkirakan ada sekitar 100 jiwa penduduk. Masyarakat yang berada dalam KRB II untuk selalu waspada dan memperhatikan perkembangan Gunung Kelud yang dikeluarkan oleh PVMBG," kata dia.

Deputi Penanganan Darurat BNPB telah melakukan koordinasi dengan BPBD Blitar, BPBD Malang, dan Pemda Kediri untuk menyiapkan rencana kontinjensi. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Gunung-gunung Api di Indonesia Dipasangi Kamera CCTV
[VIDEO] Antisipasi Letusan Kelud, Ada 15 Titik Jalur Evakuasi
Skenario Evakuasi Warga 9 Desa Jika Gunung Kelud Meletus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

Video Terkini