Sukses

Pramono Edhie Blusukan ke Kampung-kampung di Sukabumi dan Bandung

Menurut adik ipar Presiden SBY ini, seorang pemimpin harus mau bicara dengan yang dipimpinnya.

Setelah selesai debat kandidat di Bandung, peserta Konvensi capres Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo langsung blusukan ke tengah masyarakat mulai dari Bandung hingga Sukabumi Jawa Barat untuk menyosialisasikan pencapresannya.

Dalam blusukannya itu, ada dua lokasi yang dihampirinya, yaitu Kampung Babakan Kiara, Desa Marga Mekar, Pangalengan, Bandung, dan Kelurahan Karang Tengah, Sukabumi. Di sana, Pramono berkomunikasi langsung dengan para petani.

"Inilah cara saya mengabdi dengan menyerap aspirasi masyarakat petani dengan cara turun langsung dan berdialog bersama mereka," kata Pramono dalam keterangan persnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (8/2/2013).

Menurut adik ipar Presiden SBY ini, seorang pemimpin harus mau bicara dengan yang dipimpinnya. Dimulai dari hal yang kecil, hingga hal yang memerlukan kebijakan. Maka, harus disampaikan secara langsung kepada masyarakat.

Dalam kepesertaannya pada konvensi, Pramono mengusung konsep mandiri pangan. Agar kemandirian pangan terwujud, harus dimulai dari masyarakat pedesaan yang didukung oleh pemerintah. Dukungan tersebut seperti infrastruktur pertanian yang dapat mendukung transportasi hasil pertanian ke pasar lokal maupun internasional.

"Desa Marga Mekar merupakan salah satu contoh desa agropolitan di kawasan Pangalengan. Jika hanya tanah subur namun tidak didukung dan diberi semangat, sulit menjadikan sebuah desa yang mandiri," jelasnya.

Sementara Desa Karang Tengah, Sukabumi, masih diperlukan pembangunan infrastruktur pendidikan dan fasilitas umum. Selain itu, usaha swadaya masyarakat seperti peternakan domba harus terus didukung guna menyejahterakan mereka.

"Peran mahasiswa, aparat keamanan, dan pemerintah daerah diperlukan dalam menciptakan kemandirian pangan. Mereka memiliki fungsi masing-masing dalam menyejahterakan masyarakat," tutup Pramono. (Ali/Ein)

Baca Juga:

Road Show Konvensi Demokrat Rabu Sore, 11 Peserta Adu Debat
Ada 'Anak Emas' Di Konvensi Demokrat, Dino Ancam Mundur
Dino Patti Djalal Sambangi Fraksi Demokrat DPR, Cari Dukungan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.