Sukses

Sempat Banjir 50 Cm, Lalu Lintas Jalan Merdeka Barat Mulai Lancar

Banjir yang melanda Ibukota pagi ini menyebabkan kemacetan di sejumlah ruas jalan protokol. Seperti Jalan Medan Merdeka di kawasa sekitar Monas, Jakarta Pusat. Namun hingga siang ini genangan air sudah berangsur surut.

Berutung, banjir di kawasan tersebut segera surut. Sehingga Jalan Medan Merdeka Barat akhirnya bersih dari genangan air sekitar pukul 11.00 WIB. Lalu lintas pun kembali lancar. Antrean kendaraan hanya terlihat di traffic light depan Istana Negara.

Banjir yang mencapai ketinggian sekitar 50 centimeter itu sempat membuat arus lalu lintas di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat nyaris lumpuh. Arus kendaraan dari arah Jalan Jenderal Sudirman harus mengantre hingga Jalan MH Thamrin.

Banjir di Jalan Medan Merdeka Barat juga menyebabkan arus kendaraan dari arah Lapangan Banteng menuju ke arah Jalan Ridwan Rais atau kawasan Gambir nyaris lumpuh.

Selain melumpuhkan lalu lintas, berbagai gedung pemerintahan seperti Mahkamah Konstitusi dan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat juga terendam. Beruntung, banjir di gedung pemerintahan ini segera disedot menggunakan pompa ke saluran yang berada tepat di belakang gedung.

"Iya tadi jam 9 banjir. Ada sepaha. Di sini (Kemenko Kesra) paling tinggi. Macet parah sampai Jalan Thamrin," kata Wanto, salah seorang pedagang kopi keliling, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2014). (Rmn/Yus)

Baca juga:

Stasiun Kota Kebanjiran, Ini Perjalanan KRL Yang Terganggu
Depan Kampus Trisakti Banjir, Lalu Lintas Macet Parah
Perjalanan KRL Bogor-Jakarta Terganggu, Penumpang Lompat Gerbong

Ini Penyebab Banjir di Kawasan Istana Merdeka