Sukses

Kran Kolaisi PKS Terbuka Lebar, Termasuk dengan Partai Oposisi

PKS meyakini perubahan tak bisa dilakukan sendiri saja, tapi harus bermitra yakni dalam bentuk koalisi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Taufik Ridho menegaskan partainya siap berkoalisi dengan semua partai politik pada Pemilu 204, termasuk partai oposisi seperti PDIP, Hanura, dan Gerindra.

"Kami terbuka dalam koalisi (termasuk dengan partai oposisi)," kata Taufik di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (29/12/2013).

Namun, Taufik mengatakan hingga saat ini partainya belum menentukan secara pasti mitra koalisi dalam Pilpres mendatang. PKS meyakini perubahan tak bisa dilakukan sendiri saja, tapi harus bermitra yakni dalam bentuk koalisi.

"Kran koalisi kami buka lebar karena dalam melakukan perubahan tidak bisa sendiri," ujar Taufik.

Taufik menilai, peta pencapresan dari seluruh parpol akan terlihat setelah Pemilu Legislatif diketahui hasilnya. Seluruh parpol akan mengatur strategi dalam pilpres setelah mengetahui hasil pileg termasuk dalam merancang peta koalisi.

"Semua (parpol) mengatur strateginya kecuali judicial review (UU Pilpres) disetujui Mahkamah Konstitusi maka ada perubahan peta politiknya," terangnya.

Maka dari itu, meskipun pilpres masih harus menunggu hasil pileg 9 April 2014 mendatang, PKS tidak mau terlambat dalam mempersiapkan diri menghadapi pileg dan pilpres. Terutama dalam mengajukan kadernya sebagai bakal capres.

"Kalau parpol lain berani, maka kami tidak. Saat ini kedewasaan kader sudah mumpuni, sehingga menilai mengapa tidak dimunculkan (bakal capres) saat ini," tandas Taufik. (Alv/Eks)

Baca juga:

Hidayat Nur Wahid Unggul di Pemira PKS 
Pemira PKS Hasilkan 5 Kandidat Capres Internal 
Tifatul: Saya Belum Siap Jadi Capres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.