Sukses

[VIDEO] Oma Anny, Pembuat Rosario yang Tak Pernah Lelah

Meski sudah uzur, Anny Santoso, wanita berusia 91 tahun, masih sangat enerjik untuk membuat 3 rosario per hari.

Meski sudah uzur, Anny Santoso, wanita berusia 91 tahun, ternyata masih sangat enerjik. Lihat saja kegiatan hariannya, menggunting kawat untuk merangkai manik-manik membentuk rosario.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Rabu (25/12/2013), pendengaran Oma Anny tentu tak setajam saat muda. Namun, itu tidak menghalanginya untuk menjalin interaksi dengan sesama. Termasuk dengan siap membagi waktu mengajari siapa saja membuat rosario di rumahnya di Kemanggisan, Jakarta Barat, dengan gratis.

Bertahun-tahun lalu Oma Anny biasa mengajar cara membuat rosario di Sekolah Luar Biasa Pangudi Luhur dan Bina Iman Sanjaya. Ilmu itu hingga kini tetap dia ajarkan di rumahnya kepada sejumlah murid.

"Dengan usia saya yang lebih muda, terus terang saya iri. Karena Puji Tuhan, Oma punya talenta yang sangat bagus, Oma juga bisa bikin macam-macam kerajinan," ujar Michael, salah seorang murid Oma Anny.

Sampai sekarang Oma Anny masih bisa menghasilkan 3 rosario sehari. Setelah terkumpul, buah tangan Oma biasa dikirim ke pelosok, mulai dari Belitung hingga Atambua.

Bagi lingkungan sekitar tempat tinggalnya, Oma Anny adalah inspirasi. Setelah 34 tahun lalu suaminya meninggal, Oma tak ingin menyia-nyiakan usia dan selalu mengisinya dengan kegiatan yang berguna, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Yang berkesan bagi saya, di usia yang sudah tua dia tetap enerjik dan sangat mandiri," tutur Yanti, tetangga Oma Anny di Kemanggisan.

Sementara anak Oma bernama Agus mengaku memang membiarkan sang ibu untuk beraktivitas karena itu bagus buat kesehatan. "Orangtua dikekang kesehatannya mungkin makin memburuk, jadi Mami maunya apa asal bisa jaga kesehatan ya silakan," jelas Agus.

Harapan Oma memang tidak muluk-muluk, tapi bermakna. Oma ingin bisa terus berguna untuk sesama. Karena itu dia selalu berpegang pada moto yang tak pernah dia lupa: Berjalanlah jika masih bisa berjalan. Jika saya masih diberi hidup, berarti tugas saya dari Tuhan belum selesai. (Ado/Ism)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.