Sukses

[VIDEO] Hari Bakpia, Nikmati 3 Ribu Bakpia Gratis di Yogyakarta

Bukan berbagai sayur atau buah, kali ini warga Yogyakarta menggelar grebek gunungan buah.

Warga di Kampung Ngampilan, Kota Yogyakarta menggelar grebek gunungan unik dimana gunungan yang digelar bukan berisi berbagai buah sayur hasil bumi,  melainkan ribuan bakpia.  Gunungan berdiameter 1 meter dan tinggi 160 cm itu dibentuk dari 3 ribu bakpia ukuran kecil.

Acara ini digelar dalam rangka Bakpia Day yang akan digelar tiap tahunnya. Siapa tak kenal dengan bakpia camilan khas dari kota Yogyakarta ini? Di Kampung Pathuk, Ngampilan, Yogyakarta, sentra industri bakpia bahkan sudah sejak puluhan tahun silam.

Demi terus melestarikan potensi kuliner khas Yogyakarta ini setiap tahun Hari Bakpia digelar dengan mengarak gunungan berisi bakpia, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi, SCTV, Minggu (15/12/2031). Gunungan berisi sekitar 3 ribu buah bakpia ini selanjutnya diperebutkan oleh ratusan warga.

Sebagai sentra industri bakpia di tempat ini nantinya akan dibangun gapura bakpia dan diharapkan para pengusaha bakpia selalu mempertahankan kualitas produknya.

Sementara itu, Ketua Seksi Gunungan Bakpia Day, Buwang, mengatakan, gunungan bakpia ini merupakan hasil dari iuran 120 perajin. "Ya ini hasil dari iuran para pengrajin bakpia di Ngampilan sebanyak 120 pengrajin. Setiap pengrajin menyerahkan 3 dus untuk membuat gunungan," kata Buwang. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.