Sukses

[VIDEO] Tiba di Sampang, SBY Disambut Demo Mahasiswa

Massa menilai, SBY telah gagal menyelesaikan kasus Syiah yang terjadi pada akhir Agustus 2011 lalu.

Kedatangan Presiden SBY di Sampang, Jawa Timur, disambut demo mahasiswa. Massa menilai, SBY telah gagal menyelesaikan kasus Syiah yang terjadi pada akhir Agustus 2011 lalu. Saat itu 38 rumah penganut Syiah ludes di bakar warga yang beraliran Sunni.

Seperti yang ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (5/12/2013), aksi demo yang berlangsung di depan RSUD Sampang itu pun diwarnai bentrok antara petugas kepolisian yang berjaga dengan mahasiswa. Akibat bentrokan itu, 2 mahasiswa pingsan karena terinjak-injak. Sedangkan 5 lainnya ditangkap karena dianggap sebagai provokator.

Sementara itu, kondisi ratusan warga Syiah asal Sampang, Madura yang tinggal di pengungsian syiah di rumah susun Puspa Agro Jemundo Taman, Sidoarjo makin memprihatinkan. Selain belum jelas sampai kapan mereka tinggal di pengungsian, hidup mereka makin terkekang karena komunikasi dengan dunia luar ditutup.

Hal itu tidak lain karena selain pengungsi dari warga Syiah dilarang masuk. Bagi yang akan masuk diharuskan membawa surat izin tertulis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur terlebih dahulu. Dan ini juga berlaku bagi media yang akan mengambil gambar di tempat pengungsian.

Selain menyiagakan petugas keamanan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyiagakan petugas dari TNI Angkatan Darat di pintu masuk tempat pengungsian. (Mhs/Ndy).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.