Sukses

Jalan Kaki dari Sabang-Merauke, Korps Brimob Harap Pecahkan Rekor

Perjalanan panjang itu memakan waktu 86 hari lamanya berawal dari Surabaya, Jawa Timur.

Untuk memperingati peringatan HUT ke 68, Brimob Polri menggelar misi napak tilas. Para personel korps Brigade Mobil itu berjalan kaki sejauh 8.700 kilometer dari ujung Indonesia barat di Sumatera hingga ujung timur di Merauke, Papua.

Perjalanan panjang itu memakan waktu 86 hari lamanya berawal dari Surabaya, Jawa Timur. Pada 21 Agustus 2013 lalu, rombongan memanjatkan doa di Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya. Kemudian mereka berjalan ke Juanda, lalu terbang ke Aceh menuju Sabang.

"Untuk memperingati HUT Korps Brimob, kami lakukan napak tilas dari titik 0 kilometer di Sabang (Aceh) hingga ke titik 0 kilometer Merauke (Papua)," papar Kepala Korps Brimob Polri Irjen Pol Rum Murkal di hadapan Kapolri Sutarman di Mako Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/11/2013).

"Start dari Sabang, Aceh, kemudian kami berjalan menelusuri Pulau Sumatera, sampai Pulau Jawa, masuk ke Kalimantan, Sulawesi, Maluku sampai Papua. Dari Papua terus ke NTT, NTB, Bali, dan terakhir kembali di Jawa. Dan sampainya tadi malam di Mako Brimob yang bertepatan dengan HUT Brimob ke 68," papar dia.

Rum mengaku bangga dengan pencapaian luar biasa para jajarannya. Apalagi TNI di setiap daerah juga ikut membantu para prajurit Brimob. Karenanya, dia berencana untuk mengusulkan agar napak tilas HUT TNI itu mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Nanti saya coba usulkan ke Muri, biar diberi penghargaan," pungkas Jenderal bintang 2 itu. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.