Sukses

[VIDEO] Sisa Gilingan Kulit Padi Disulap Jadi Minuman Segar

Bekatul, disajikan dengan bumbu jahe dan kunyit hangat ini patut dicoba.

Bekatul atau sisa kulit padi bekas gilingan biasanya dimanfaatkan untuk pakan ternak. Tapi di Ngawi, Jawa Timur sebuah warung memanfaatkan bekatul untuk bahan utama minuman. Selain rasanya nikmat, wedang bekatul dipercaya berkhasiat dan mampu membersihkan lambung dan penglihatan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (13/9/2013), setiap harinya, sebuah warung lesehan Desa Guyung ini selalu banyak dikunjungi warga. Mulai petani hingga pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah kabupaten setempat berbondong-bodong mencicipi wedang bekatul.

Membuatnya minuman wedang bekatul cukup sederhana. Bekatul disaring untuk di ambil bubuknya yang lembut. Setelah itu bubuk bekatul di goreng tanpa menggunakan minyak. Untuk menambah kesegaran rasa alami, olahan bekatul  dicampur dengan jahe atau kunyit. Selain rasanya yang  nikmat, wedang bekatul dipercaya warga berkhasiat untuk kesehatan.

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk menikmati segelas wedang bekatul. Hanya  dengan  Rp 5.000 per gelas, pembeli sudah bisa menikmati sensasi nikmatnya minuman wedang bekatul. (Don/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.