Sukses

Presiden Meresmikan Jalur Ganda KA Cikampek

Liputan6.com, Cikampek: Presiden Megawati Sukarnoputri meresmikan pengoperasian jalur ganda kereta api antara Stasiun Cikampek dan Cikaum, Jawa Barat, Kamis (4/12) pagi. Pengoperasian ini adalah tahap akhir pembangunan rel ganda KA antara Jakarta-Cirebon sepanjang 135,2 kilometer.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan, tidak mudah melakukan rencana pembangunan jangka panjang yang konsisten. "Pada waktu yang lalu, perencanaan yang ada terpotong atau praktis dengan konsep yang tidak menyeluruh," kata Megawati. Apalagi Indonesia mengalami keterbatasan dana sehingga harus meminjam dari luar negeri. Dana pembangunan jalur ganda sepanjang 54 kilometer ini didapat dari pinjaman Japan Bank for International Cooperation (JBIC) senilai 7,3 miliar yen atau sekitar Rp 576 miliar.

Dengan pembangunan rel ganda KA ini, maka kepadatan jalur lintasan KA dapat berkurang. Selain itu, waktu tempuh perjalanan KA dapat dipangkas karena KA tidak perlu mengantre pada satu jalur lintasan. Jalur ganda antara Jakarta-Cirebon tersebut dapat menghemat waktu tempuh KA yang antre selama 658 menit per hari. Dengan demikian diharapkan akan dapat mengatasi kepadatan penumpang terutama pada musim liburan seperti Lebaran.

Pembangunan jalur ganda KA Cikampek-Cirebon ini dibagi dalam tiga proyek. Pembangunan tahap pertama dengan rute Haurgeulis-Tegalsari sejauh 33 km yang telah selesai pada 1996. Kemudian dilanjutkan dengan jalur Cikampek-Haurgeulis sejauh 54 km yang telah selesai sebelum Idul Fitri 2003 [baca: Pembangunan Jalur Ganda KA Cikampek-Haurgeulis Dimulai]. Ketiga, rute Tegalsari-Cirebon sejauh 48 km yang masih dalam proses tender.(TNA/Rike Amru dan Adi Iskarpandi)