Sukses

Pembangunan Jalur Ganda KA Cikampek-Haurgeulis Dimulai

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Perhubungan Agum Gumelar di Jakarta, Selasa (30/10) pagi, meresmikan dimulainya proyek pembangunan jalur ganda kereta api dari Cikampek hingga Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat. Pembangunan jalur ganda tersebut diharapkan dapat mengurangi kecelakaan kereta yang belakangan marak terjadi. Sedangkan proyek tersebut menelan biaya sebesar Rp 440 miliar dan diharapkan dapat terselesaikan dalam dua tahun.

Menurut Agum, rawannya kecelakaan pada jalur kereta Cirebon hingga Cikampek diduga satu di antara penyebabnya karena menggunakan lintasan tunggal. Padahal, jalur tersebut dilewati kereta yang berasal dari jalur Pantai Utara dan Selatan. Selain itu, jalur tunggal hanya sanggup dilintasi 11 kereta. Ternyata, dalam praktiknya, jalur tersebut dilintasi hingga melebihi kapasitasnya, yaitu mencapai 16 kereta pada jam-jam padat.

Agum menambahkan, proyek jalur ganda yang dibantu pemerintah Jepang itu, sebenarnya sudah direncanakan pada 1997. Namun, pembangunannya sempat tertunda lantaran dana yang tak memadai. Ia berharap, pembangunan tersebut dapat menambah frekuensi lintas kereta dan mengurangi risiko kelelahan para masinis.(ANS/Lita Hariyani dan Joni Akbar)
    Loading