Sukses

Mendagri Melantik Gubernur Riau Terpilih

Mendagri Hari Sabarno melantik Rusli Zainal dan Wan Abu Bakar sebagai pasangan Gubernur Riau periode 2003-2008. Isu adanya unjuk rasa saat pelantikan tak terbukti hingga acara berakhir.

Liputan6.com, Pekanbaru: Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno melantik Rusli Zainal dan Wan Abu Bakar sebagai gubernur dan wakil gubernur Riau periode 2003-2008, Jumat (21/11). Pelantikan yang berlangsung di aula Gedung DPRD Riau itu dihadiri Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, jajaran Muspida Tingkat I, Ketua DPRD Tingkat II se-Sumatra, dan sejumlah pejabat konsulat negara sahabat.

Dalam proses pemilihan, Rusli Zainal--yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati Indragiri Hilir--mengalahkan gubernur lama Saleh Djasit, yang didukung Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Golkar. Kemenangan Rusli ini sempat mencuatkan kasus politik uang dalam proses pemilihan gubernur [baca: Rusli Zainal Menangkan Pemilihan Gubernur Riau]. Namun, hal tersebut tidak terbukti hingga pelantikan dirinya sebagai Gubernur Riau. Sempat pula beredar kabar akan terjadi unjuk rasa saat pelantikan berlangsung. Namun, hal tersebut juga tidak terbukti hingga acara berakhir.(PIN/Yusril Ardanis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.