Sukses

Bikin Macet Jalan ke Tanah Abang, PKL Museum Tekstil Ditertibkan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menertibkan PKL di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Tepatnya di depan Museum Tekstil di Jalan KS Tubun

Tak hanya menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat dan di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menertibkan PKL di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Tepatnya di depan Museum Tekstil di Jalan KS Tubun.

Sebanyak 50 PKL yang biasa mangkal di sepanjang jalan ini diangkut lapak-lapaknya oleh petugas Satpol PP Kecamatan Palmerah. Jalan KS Tubun yang mengarah ke daerah Pasar Tanah Abang ini juga tak kalah macetnya seperti di daerah Tanah Abang.

Camat Palmerah Agus Tri mengatakan, penertiban ini sengaja dilakukan pihaknya sebagai rentetan dari penertiban PKL di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Daerah sini kan juga banyak PKL-nya, jalan ini juga arah menuju Pasar Tanah Abang. Ini juga runutan dari pembersihan PKL di Tanah Abang, ada sebagian PKL di pasar Tanah Abang juga lari jualan ke sini," kata Agus ketika ditemui di lokasi, Rabu (14/8/2013).

Pantauan Liputan6.com di lokasi, para petugas Satpol PP yang berjumlah 200 personel itu terlihat mengangkut lapak-lapak PKL. Para pedagang pun terlihat ikhlas dan tidak melakukan perlawanan terhadap penertiban kali ini.

Agus menambahkan, pihak Kecamatan Palmerah seminggu sebelumnya telah memberikan imbauan kepada para pedagang di sepanjang Jalan KS Tubun untuk tidak membuka lapak.

Untuk merelokasi para pedagang tersebut, lanjut Agus, pihaknya juga telah memberi arahan kepada para pedagang untuk segera berpindah ke Pasar Blok G Tanah Abang jika ingin melanjutkan dagangannya.

"Kita juga sudah beritahu pedagang sebelumnya. Kita sudah beritahu para pedagang kalau masih mau jualan masuk ke Blok G saja. Itu memang tempat relokasi para pedagang di sekitaran Tanah Abang," tambah Agus. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.