Sukses

Polda: Angka Kriminalitas Lebaran di Jakarta Turun 50 Persen

Kapolda Metro Jaya Irjen Putut mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik atau meninggalkan rumahnya agar lebih waspada.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Putut Bayu Seno mengatakan angka kriminalitas saat Lebaran Idul Fitri 1434 H di Jakarta menurun dibanding lebaran tahun lalu. Putut mengklaim penurunan angka kriminalitas tahun ini mencapai 50 persen.

"Evaluasi data yang saya dapat dari kepala operasi dan Polres terjadi penurunan tingkat kriminalitas dibanding tahun lalu. Dalam kurun waktu yang sama hampir 50 persen," ujar Putut di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (10/8/2013).

Putut menjelaskan, jika tahun lalu banyak terjadi pencurian di rumah kosong (rumsong). "Tahun ini hanya 60 persen dibanding dengan tahun lalu 113 berarti hampir 50 persen turunnya."

"Ini semua karena aktivitas Satgas Rumah Kosong yang menjadi kebijakan saya dalam melaksanakan penagakan rumah kosong yang ditinggalkan," sambungnya.

Beberapa pelaku aksi pencurian rumsong, lanjut Putut, juga sudah berhasil diringkus pihaknya. "Semalam saya mendapat laporan spesialis rumsong yang tersangka datang dari luar Jakarta membawa peralatan kosong, linggis-linggis khusus, alhamdulliah sudah tertangkap."

Putut pun kembali mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik atau meninggalkan rumahnya agar lebih waspada. Utamanya menitipkan kepada petugas ataupun tetangganya.

"Sejak sebelum mudik sudah disampaikan untuk wasapada meninggalkan rumahnya yang dalam keadaan terkunci dititipkan kepada tetangga, satpam, RT RW bahkan kantor polisi. Sehingga menjadi prioritas kepada pengamanan satgas yang kami gelar," tegasnya. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini