Sukses

Menhub: Puncak Arus Mudik di Bandara Soekarno-Hatta H-2

Menhub memprediksi puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta pada H-2 Lebaran. Petugas siap mengamankan arus mudik di bandara.

Bandara Soekarno-Hatta mulai berbenah untuk meningkatkan pelayanan serta keamanan bagi para pemudik. Sebanyak 350 personel gabungan dari TNI Angkatan Darat, Kepolisian Resor Bandara, dan petugas keamanan bandara siap mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Dipimpin Menteri Perhubungan EE Mangidaan, seluruh personel keamanan diperintahkan terus menjaga keamanan di bandara. Mangidaan memperkirakan, pada tahun ini akan terjadi peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi udara.

"Diperkirakan tahun 2013 akan terjadi peningkatan penumpang pesawat udara sebanyak 10,6 persen," kata Mangidaan dalam sambutannya di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (1/8/2013).

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Kementerian Perhubungan, lanjut Mangindaan, puncak arus mudik di Bandar Udara Soekarno-Hatta pada 2013 akan terjadi pada H-2 Lebaran.

"Diprediksi tahun 2013 akan terjadi puncak arus mudik pada H-2 sebanyak 202.692 penumpang, sehingga terjadi peningkatan pada puncak arus mudik sebesar 15 persen," jelas Mangindaan.

Usai memimpin jalannya apel, Menhub mengatakan pihaknya telah menginstruksikan seluruh jajaran keamanan untuk memonitor seluruh bandara yang menjadi tujuan puncak arus mudik.

"Kalau tadi laporannya saya lihat semua sudah siap dan saya monitor seluruh bandara-bandara yang menjadi bandara tujuan semua sudah siap. Mudah-mudahan kalau tahun lalu nggak ada masalah cuma delay-delay saja, itu karena lonjakan penumpang," ujarnya.

Kementerian Perhubungan, lanjutnya, juga telah menginstruksikan untuk menambah jumlah penerbangan jika diperlukan untuk mencegah adanya peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan jasa penerbangan.

"Jadwal yang normal itu slot sudah penuh. Kami berencana akan menambah lagi extra flight. Makanya saya sarankan ditambahkannya malam hari. Ini sudah diatur sedemikian rupa, saya harapkan tidak ada masalah. Kita berdoa semoga tidak ada yang celaka," ungkap Mangindaan.

Untuk pengamanan di bandara, Mangindaan menjelaskan 5 bandara utama diseluruh Indonesia sudah dilakukan pengamanan ekstra untuk mengawal jalannya arus mudik.

"Itu pasti sudah kita tingkatkan pengamanan. Terutama di 5 bandara utama, yaitu Soekarno-Hatta, Kualanamu, Juanda, Makassar, dan Denpasar. Pada prinsipnya bandara utama," tutup Mangidaan. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.