Sukses

[VIDEO] Buat Lampion dari Ampas Tebu, Aris Raup Untung

Jelang Hari Raya Idul Fitri, usahanya kebanjiran pesanan, tak tanggung-tanggung penjualannya meningkat hingga 50 persen

Hiasan lampu atau lampion biasanya terbuat dari alumunium kawat besi atau kertas khusus berwarna warni. Namun, di Desa Kepulungan, Gembol, Pasuruan, Jawa Timur ada salah seorang warga membuat hiasan lampu dengan menggunakan ampas tebu. Aris Jayadi namanya, pria ini mengubah ampas tebu bekas menjadi hiasan lampu.

Dalam tayangan Liputan 6 pagi SCTV, Senin (29/7/2013), Aris mempraktikkan cara membuat hiasan lampu yang dibuatnya dari ampas tebu. Awalnya ampas tebu itu dijemur, kemudian dipisahkan yang kasar dan halus. Kemudian dirajang atau dicacah hingga halus lalu digiling.

Proses selanjutnya, Aris menggunakan balon mainan yang telah dilumuri lem kayu hingga merata. Setelah itu dilumuri dengan ampas tebu sampai merata.

Kemudian proses pengeringan dilakukan dengan cara digantung. Aris menuturkan proses pengeringan sendiri memakan waktu kurang lebih selama 7 hingga 8 jam. Setelah kering, balon dilepaskan dari ampas tebu.

Aris mengaku selain membuat lampion dari ampas tebu, dirinya juga membuat gelas tempat bolpoin, kotak tisue dan beberapa benda lainnya.

Meski usahanya ini terbilang baru, namun pelanggannya sudah ada dari beberapa kota. Jelang Hari Raya Idul Fitri, usahanya kebanjiran pesanan, tak tanggung-tanggung penjualannya meningkat hingga 50 persen. Aris berharap usahanya ini akan berkembang dan bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya. (Han/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini