Sukses

[VIDEO] Suluk, Jalan Menuju Ilahi

Suluk menjadi salah satu dari kepercayaan penganut Tarekat, yaitu sebuah jalan menuju tuhan selain syariat dan makrifat.

Ini cerita tentang jalan menuju Tuhan. Satu-satunya alasan untuk menepikan segala urusan. Maka benar apa yang tercata dalam hadits Nabi, perumpamaan orang yang berzikir kepada Allah dengan yang tak berdzikir seperti orang hidup dengan yang sudah mati.

Itulah yang diyakini hampir seluruh masyarakat Pasir Pengaraian, Rokan Hulu, Riau. Zikir dan tirakat telah mendarah daging dalam masyarakat tersebut. Mereka percaya, Tuhan pencipta semesta mesti dipuja dengan cara yang sederhana lewat kalimat taubat, tahmid, tahlil, sampai larut menyatu hingga ke hulu hati.

Di Rokan Hulu, seperti dalam program Potret yang tayang di SCTV, Senin (29/7/2013), tradisi ini dikenal dengan sebutan Suluk.

Kegiatan suluk malam Jumat, mulai dari salat Isya, zikir, ratib, dan tawaju.  Suluk merupakan salah satu bagian dari kepercayaan penganut Tarekat, yaitu sebuah jalan menuju tuhan selain syariat dan makrifat.

Prosesi tarekat inilah yang berfungsi memusat pada illahi. Tak hanya sekadar berzikir, tata cara tarekat yang diyakini masyarakat Rokan Hulu ini juga dilanjutkan dengan tawaju dan disempurnakan dengan bersuluk.

Lantas bagaimana seluk beluk dari prosesi tarekat tersebut? Untuk selengkapnya, bisa disaksikan dalam tayangan video di bawah ini.
(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini