Sukses

[VIDEO] Khas Solo, Kue Pis Roti untuk Menambah Stamina

Di Solo terdapat kue basah yang khas untuk berbuka puasa. Kue Pis Roti, yang merupakan kue basah yang sangat digemari oleh warga Solo.

Tim Safari Ramadan saat ini berada di Solo, Jawa Tengah. Di Solo terdapat kue basah yang khas untuk berbuka puasa. Kue pis roti, yang merupakan kue basah yang sangat digemari oleh warga Solo.

Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (24/7/2013) menayangkan, pis roti ini sudah dibuat sejak 20 tahun yang lalu. kue ini juga dibuat secara turun-temurun oleh warga Solo. Saat Ramadan, pesanan kue ini bisa meningkat hingga 2 kali lipat

"Pemesannya bisa 70 sampai 100 per hari," kata Agus Rusdiyanto, pengusaha pis roti di Solo, Jawa Tengah.

Menurut Agus, bahan kue ini terdiri dari air kelapa, kelapa serut, roti tawar yang sudah dipotong-potong, daun pandan, santan, gula dan garam. Selain itu yang membuat rasanya lebih gurih, kue ini dibungkus menggunakan daun pisang.

"Daun pisangnya khusus yaitu daun pisang klutuk. Supaya tidak bocor, tidak kaku sehingga lemas," papar Agus.

Agus menambahkan, pis roti berkhasiat untuk meningkatkan stamina saat warga menjalankan ibadah puasa. Sebelum dijajakan, pis roti harus dikukus terlebih dulu selama 30 menit. Sehingga, saat dijajakan, kue basah ini dalam keadaan hangat. (Sul/Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.