Sukses

[VIDEO] Batik Lasem, si Merah yang Dibanderol Hingga Rp 10 Juta

Batik Lasem memang ciri khasnya terkenal dengan warna yang ngejreng

Batik merupakan salah satu ciri khas Indonesia. Salah satu batik unik yang ada di Indonesia adalah batik Lasem.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Rabu (17/7/2013), batik Lasem memiliki ciri khas berbeda dari batik lain karena terkenal memiliki warna dominan merah.

"Batik Lasem memang ciri khasnya terkenal dengan warna yang ngejreng. merahnya Lasem merah darah ayam," kata Khadarsih, seorang perajin batik.

"Ciri khas lainnya adalah motifnya, seperti sekar jagad," tambah Khadarsih.

Menurut Khadarsih, tren saat menjelang lebaran ini adalah kain yang dibentuk menjadi gamis--pakaian muslim wanita. Namun, sambung Khadarsih, para pengrajin juga membuat kemeja untuk para pria dari kain batik lasem itu.

Untuk harga, batik Lasem memang dikenal memiliki harga yang cukup mahal. "Karena merupakan batik tulis, batik Lasem minimal dijual Rp 100 ribu, Rp 4 juta hingga Rp 10 juta," terang Khadarsih.

Batik Lasem pastinya istimewa untuk dikenakan di Hari Raya. Baik pria maupun wanita pun bisa memakainya. Jika dikombinasikan dengan bahan lain, maka warna batik Lasem pun akan semakin hidup. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini