Sukses

Merebut Dua AMI, Inul <i>Ngebor</i> di Panggung

Liputan6.com, Jakarta: Pedangdut Inul Daratista meraih penghargaan Album Dangdut Terbaik Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2003. Dia mengalahkan empat saingan beratnya seperti Evi Tamala dan Anisa Bahar. Si Ratu Ngebor juga merebut penghargaan Penyanyi Dangdut Terbaik. Di hadapan sekitar 1.500 undangan artis dan penggemar musik, Inul memeragakan keahliannya bergoyang ngebor saat menerima penghargaan.

Di kategori Penyanyi Pop Solo, Iwan Fals dan Audy meraih posisi puncak. Indra Lesmana menyabet penghargaan Album Musik Jazz Terbaik. Sedangkan Album Terbaik diraih Grup Band Padi, dengan album terakhirnya "Save My Soul".

Salah satu anugerah puncak AMI adalah penghargaan Pengabdian Seumur Hidup yang diberikan kepada A.T. Machmud sebagai Pencipta Lagu Anak-anak Monumental. Penganugerahan kepada A.T. Machmud dibacakan Ketua Asosiasi Industri Rekaman Indonesia Rinto Harahap dan Titiek Puspa. Anugerah musik tertinggi ini adalah yang kedua kalinya diberikan kepada pencipta lagu anak-anak setelah Bu Kasur.

Malam penganugerahan insan musik Tanah Air kali ini disiarkan langsung SCTV. Berbagai acara yang ditampilkan dimeriahkan sejumlah artis papan atas, seperti grup Slank yang juga meraih dua penghargaan AMI.(ZAQ/Fransambudi dan Satya Pandia)