Sukses

Selain Jamin Pendidikan Tasripin, Kemenag Juga Bangun 12 Sekolah

Kementerian Agama tak hanya akan menjamin pendidikan bocah Tasripin dan adik-adiknya saja.

Kementerian Agama tak hanya akan menjamin pendidikan bocah Tasripin dan adik-adiknya saja. Kementerian yang dipimpin Suryadharma Ali itu juga akan membangun 12 sekolah dari tingkat SD hingga SMA di daerah tempat tinggal Tasripin, Kampung Pesawahan Desa Gunung Lurah Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Menteri Agama Suryadharma Ali menuturkan, hal tersebut merupakan program jangka panjang yang dilakukan Kemenag untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Ini merupakan proses penyelesaian jangka panjang. Kementrian Agama akan membangun 12 sekolah lokal di sana. Membangun sekolah dan madrasah untuk Ibtidaiyah (SD), Tsanawiyah (SMP), dan Aliyah (SMA)," kata Suryadharma di Gedung Departemen Agama, Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Guna membangun 12 sekolah tersebut, Kemenag telah menyiapkan tanah seluas 2.000 meter. Diharapkan sekolah yang akan dibangun itu akan dapat segera difungsikan.

"Tanah tersedia sekarang 700 meter. Tapi Kemenag akan menggenapi menjadi 2.000 meter. Untuk sekolah Ibtidaiyah (SD) kita targetkan 6 sekolah untuk Tsanawiyah (SMP) 3 dan untuk Aliyah (SMA) 3, jadi total 12 sekolah lokal di sana," tambahnya.

Nantinya, jelas dia, anak-anak yang akan mengenyam pendidikan di 12 sekolah tersebut tak akan dipungut biaya. "Ini kan desa miskin, secara ekonomi kurang baik. Nanti semua anak-anak yang bersekolah di 12 sekolah masdrasah itu akan dibebaskan dari semua pembiayaan. Dengan kata lain mereka mendapatkan beasiswa. Sekolah diperuntukkan bagi warga di situ," jelas Suryadharma. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini