Sukses

Jokowi Lepas 29 Atlet ke Olimpiade Paris: Bawa Pulang Medali

Jokowi mengatakan atlet yang terpilih mewakili Indonesia untuk Olimpiade merupakan para atlet pilihan. Sebab, para atlet telah melalui seleksi yang ketat sehingga bisa bertanding di event olahraga internasional.

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas 29 atlet yang akan bertanding untuk Olimpiade Paris 2024, Rabu (10/7/2024). Jokowi berpesan agar para atlet mempersiapkan fisik dan mental untuk bertanding sehingga dapat membawa pulang medali.

"Persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding. Dan harapan kita berhasil dan menang dan pulang membawa medali," kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Dia mengatakan atlet yang terpilih mewakili Indonesia untuk Olimpiade merupakan para atlet pilihan. Sebab, para atlet telah melalui seleksi yang ketat sehingga bisa bertanding di event olahraga internasional.

"Mata dunia akan tertuju semuanya pada penampilan saudara dan rakyat Indonesia akan tertuju kepada saudara-saudara dan menaruh banyak harapan kepada atlet-atlet kita," ujarnya.

Jokowi memahami bahwa para atlet akan melawan atlet-atlet terbaik dari berbagai negara untuk memperebutkan medali. Dia pun berharap para atlet dapat tetap optimis dan semangat.

"Saudara pasti tau apa yang diinginkan. Rakyat menginginkan bendera merah putih berkibar di arena Olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena Olimpiade dan saudara-saudara pulang membawa medali," tutur dia.

"Selamat bertanding, harumkan nama Indonesia di mata dunia," sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Kontingen Bertambah

Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 resmi dikukuhkan pada Rabu (10/7/2024).

Acara ini digelar di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat dengan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, CdM Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie serta jajaran ketua federasi cabang olahraga.

Total 29 atlet dari 12 cabor hadir mengikuti upacara pengukuhan tersebut. Rinciannya terdiri atas 9 atlet bulu tangkis, 4 atlet panahan, 4 atlet panjat tebing, 3 atlet angkat besi, 2 renang, 1 menembak, 1 selancar, 1 atletik, 1 balap sepeda, 1 judi, 1 rowing, serta 1 senam.

Catatan tersebut ini sekaligus menandai jumlah wakil Indonesia terbanyak yang berpartisipasi di Olimpiade sejak 20 tahun silam. Tercatat, Indonesia sebelumnya mengirim 38 atlet dari 14 cabor untuk ambil bagian dalam Olimpiade Athena 2004.

Dito Ariotedjo selaku Menpora RI pun menyampaikan seannya kepada wakil Merah Putih pasca pengukuhan kontingen untuk Olimpiade Paris 2024. Dia berharap peningkatan jumlah perwakilan Merah Putih di edisi ini dapat ikut mendongkrak prestasi Tanah Air dalam gelaran multievent terakbar empat tahunan.

"Tadi telah dilakukan prosesi pengukuhan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, di mana kita akan memberangkatkan 29 atlet dengan total 12 cabor dan total kontingen (dengan ofisial) sekitar 86 orang," ucap Menpora saat ditemui awak media, Rabu (10/7/2024) siang WIB.

"Pastinya kita selalu berharap, kita akan memiliki perolehan peringkat dan juga medali yang lebih baik daripada sebelumnya," tambah dia.

 

 

3 dari 3 halaman

Harapkan Penampilan Terbaik

Selaras dengan hal itu, CdM Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie juga mengharapkan penampilan terbaik dari skuad Merah Putih.

Adapun sebagai bentuk dorongan, mereka berkomitmen memberi support maksimal, termasuk lewat pengadaan Rumah Garuda di dekat athlete village Olimpiade 2024 Paris.

"Tentunya ini merupakan kontingen yang sangat luar biasa dari segi jumlah atlet karena paling banyak selama 20 tahun terakhir," ujar Anindya Bakrie kepada awak media.

"Dari CdM bersama NOC bekerja sama dengan memastikan adanya support yang kuat di athlete village melalui Rumah Garuda tersebut. Dan dari situ, kita bisa antisipasitif supaya bisa memberikan yang terbaik kepada para atlet," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini