Sukses

Polisi Ringkus Pencuri Besi Milik Dishub yang Viral

Polisi meringkus seorang pria berinsial MM.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi meringkus seorang pria berinsial MM. Dia adalah satu dari tiga orang tersangka pencurian besi milik Dinas Perhubungan (Dishub) yang sempat bikin geger warga Koja, Jakarta Utara.

Peristiwa pencurian sempat viral di media sosial setelah pasangan suami-istri merekam aksi kejahatannya dan videonya juga diunggah di media sosial.

"Pelakunya ada tiga orang dan yang berhasil kita tangkap salah satu dari pelaku dan dua masih dalam pengejaran atau DPO," kata Kapolsek Koja, Kompol Muhammad Syahroni kepada wartawan, Selasa (28/5/2024).

Syahroni mengatakan, sosok pelaku inisial teridentifikasi usai penyidik mendalami keterangan saksi, juga rekaman video yang beredar di media sosial. Terungkap, MM tinggal di Jalan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Gang Mandiri.

Dalam kasus ini, Polsek Koja juga menyita pagar besi pembatas warna hitam kuning, pagar kayu warna hijau sebagai barang bukit.

"Polsek Koja bergerak cepat untuk melakukan pengejaran dan Alhamdulillah berhasil kita tangkap di kontrakannya. Kita hadirkan di lokasi, ini adalah saudara M bin M alias MM," ucap dia.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, MM dijerat Pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman kurang lebih 5 tahun kurungan penjara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral

Sebelumnya, Pasangan suami-istri merekam aksi pencurian besi di Jalan Yos Sudarso, Koja, Jakarta Utara. Rekaman video viral di media sosial.

Kanit Reskrim Polsek Koja, AKP Alex Chandra mengatakan, video itu direkam oleh pengguna jalan pada 17 Maret 2024.

Dia menceritakan, perekamnya adalah pasangan suami istri. Ketika itu, bersama anaknya sedang muter-muter mengendarai sepeda motor.

Saat melintas di lokasi, melihat gelagat mencurigakan dari tiga orang pria yang diduga sebagai pelaku pencurian.

"Kok ada orang muter-muter motong besi milik Dinas Perhubungan, diperhatikan, dilihat sama dia gitu dan sempat ditegur sama pelaku," ujar Alex saat dihubungi, Rabu (15/5/2024)

Alex mengatakan, para pelaku sedang memotong besi pembatas jalan milik Dinas Perhubungan. Tindakan itu ditegur daj divideokan sama pengguna jalan. Usai aksinya kepergok, pelaku melarikan diri.

"Mungkin pelaku takut akhirnya kabur," ujar dia.

Perekam video telah melaporkan kejadian itu ke Polsek Koja.

"Polisi langsung ditindaklanjuti," ucap dia

Lebih lanjut, Alex mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan perekam. Bahkan, Kapolsek memberikan apresiasi karena kagum dengan keberaniannya menggagalkan aksi pencurian

"Kemarin malam diberi apresiasi. Iya (apresiasi) karena masyarakat seperti ini kan membantu kita gitu dengan keadaan yang dilihatnya," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.