Sukses

Pemkot Pekanbaru Siap Sambut Jokowi Saat Harlah Pancasila di Blok Rokan

Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 mendatang di Blok Rokan, Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru terus menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024 di Blok Rokan yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengimbau jajarannya agar memperhatikan keamanan dan kebersihan Kota Pekanbaru jelang peringatan Harlah Pancasila.

“Tentu ini menjadi perhatian kita. Karena bersama Bapak Presiden, juga akan hadir para menteri. Untuk itu, kita harus siap sebagai tuan rumah, salah satunya persoalan keamanan dan kebersihan,” kata Risnandar saat rapat koordinasi secara virtual dengan pimpinan OPD, camat, dan lurah seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (28/5/2024).

Risnandar menyampaikan, soal pengamanan RI-1, pihak TNI dan Kepolisian Daerah Riau beserta jajaran Polres dan Polsek sudah menyatakan kesiapan. Maka dari itu, pihaknya tingga berbenah soal kebersihan.

“Jadi, kita tinggal bekerja di sisi kebersihan,” jelas dia.

Risnandar mengakui, masalah kebersihan pasti akan terlihat langsung secara kasat mata. Maka jika pekerjaan yang lain sudah sangat berhasil, harus diikuti oleh kebersihan kotanya.

“Sebab begitu tamu masuk ke Pekanbaru, mereka lihat pertama kali salah satunya kebersihan,” tambah Risnandar.

Untuk itu, ia memerintahkan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) teknis beserta camat dan lurah agar lebih serius menangani persoalan kebersihan. Dia meminta, para camat dan lurah agar melibatkan pengurus RT, RW, dan masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan kerja masing-masing.

“Pada prinsipnya, saya minta kerja sama dari teman-teman camat dan lurah agar bersinergi dan menginfokan kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga dan memelihara kebersihan,” minta Risnandar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Kesiapan Lokasi Upacara

Sebagai informasi, Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto dan Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca sebelumnya sudah meninjau kesiapan lokasi upacara hari lahir Pancasila di Blok Rokan, Sabtu (25/5/2024).

Salah satu hal yang jadi perhatian adalah saat kondisi lokasi yang jika sehari sebelum acara diguyur hujan, maka akan becek. Sebab, lokasi upacara didominasi gambut.

"Kami akan koordinasikan ini lapangan akan diapakan, mau disemenisasi atau ada opsi lain. Mengingat akan ada rangkaian acara selain upacara Pancasila," kata Hariyanto.

Usai meninjau lokasi, Hariyanto bersama Danrem dan rombongan meninjau Bandara Pinang Kampai di Dumai dan jalan yang akan dilewati Presiden. Dia pun memastikan jalan yang dilalui kepala negara tidak ada yang rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini