Sukses

Lasarus PDIP Beri Pesan Ini ke Pemerintahan Prabowo-Gibran Jelang Pilkada 2024

Ketua DPD PDIP Kalimantan Barat Lasarus mengingatkan agar pemerintahan Pusat tidak mengintervensi proses Pilkada 2024 yang akan digelar November.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPD PDIP Kalimantan Barat Lasarus mengingatkan agar pemerintahan Pusat tidak mengintervensi proses Pilkada 2024 yang akan digelar November.

Menurutnya, intervensi kekuasaan pada Pilpres 2024 terlihat vulgar.

Untuk diketahui, pasangan calon Prabowo-Gibran akan dilantik pada Oktober 2024. Sehingga, pada saat pilkada serentak 2024 Prabowo sudah memerintah sebagai Presiden RI.

"Tentu kita berharap pemerintahan ke depan dalam Pilkada pada November yang akan datang tidak lagi menggunakan cara-cara yang kemarin dilakukan pada saat Pilpres ya. Kita semua merasakan seperti apa campur tangan kekuasaan terutama Pilpres," kata Lasarus saat konferensi pers di arena Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024). 

Menurut dia, di Provinsi Kalbar intervensi kekuasaan pada Pilpres 2024 sangat kentara dan vulgar. Oleh karena itu, ia berharap Pilkada 2024 berjalan secara adil. 

"Kalau di tempat kami tuh yang sangat terasa tuh Pilpres. Dan mudah-mudahan Pilkada ini bisa berjalan secara fair. Biarkanlah proses demokrasi ini berjalan apa adanya, dan seluruh tahapan-tahapan ini juga berjalan dengan baik sampai nanti pada pemungutan suara diserahkan sepenuhnya kepada rakyat," tuturnya. 

"Mereka (rakyat), yang tahu pemimpin yang terbaik bagi mereka. Tentu itu harapan bagi kami," imbuhnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lasarus Daftarkan Diri Maju Jadi Cagub

Ketua Komisi V DPR RI itu menambahkan, pada Pilkada Kalbar sendiri pihaknya pun turut mendaftar sebagai bakal calon Gubernur. Namun, ia memastikan akan mengikuti mekanisme yang berlaku di internal partai banteng moncong putih. 

"Terkait dengan PDIP Kalbar kami tentu masih menghitung, saya sendiri sudah mendaftar," tutur Lasarus. 

"Jadi semua sedang proses tapi semua masih dinamis sekali ya," imbuhnya. 

3 dari 3 halaman

Buka Peluang Kerja Sama

Lebih jauh, Lasarus menyatakan bahwa PDIP Kalbar sendiri masih membuka ruang untuk menjalin kerja sama dengan parpol lain dalam menghadapi Pilkada November mendatang. 

"Kita melakukan diskusi bersama dengan teman-teman yang lain ya, walaupun bisa maju sendiri kita tatap masih gotong-royong bersama- dengan partai lain," pungkasnya.

 

 

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini