Sukses

Kecipratan Previlage Kakeknya, Cucu SYL Dapat Fasilitas Mobil Kementan

Selain mendapat fasilitas mobil negara, cucu Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Tenri Bilang Radisyah Melati alias Bibi juga dipekerjakan di Kementan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah keluarga Syahrul Yasin Limpo (SYL) turut kecipratan previlage berkat jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan). Mereka kerap menikmati sejumlah fasilitas dari Kementerian Pertanian (Kementan) selama dipimpin SYL.

Tak terkecuali cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah Melati atau yang kerap dipanggil Bibi. Dia turut kecipratan previlage kakeknya dengan menikmati fasilitas negara.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Kementan, Fadjry Djufry yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara gratifikasi dan pemerasan SYL dkk di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024).

Saksi mengakui kalau Bibi sempat mendapatkan fasilitas Kementan berupa mobil dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang Pertanian).

"Kita pinjamkan mobil selama beberapa tahun sejak 2020 sampai 2022," kata Fadjry.

"Itu mobil pribadi saksi atau mobil kantor Kementan?," tanya Jaksa.

"Mobil kantor, dari Balitbang Pertanian," ucap Fadjry.

"Toyota Innova, betul?," tanya Jaksa yang mengkonfirmasi.

"Iya betul," jawab Saksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipekerjakan di Kementan

Bukan hanya mendapatkan fasilitas mobil negara saja, Bibi rupanya dipekerjakan di Kementan di bagian Tenaga Ahli Biro Hukum.

Namun Fadjry mengaku tidak tahu persis perihal perihal Bibi yang bekerja di Kementan, sebab dia hanya mendengar cerita itu dari pegawai Kementan bernama Rini.

"Saksi tadi menyebutkan cucunya itu tenaga ahli biro hukum ya? taunya dari mana?," tanya Jaksa.

"Dengar dari...," ucap Fadjry.

"Pernah lihat langsung di biro hukum atau dengar cerita?," sela Jaksa.

"Dari dengar cerita," ungkap saksi

"Cerita dari siapa?," tanya Jaksa.

"Dari teman-teman, dengarnya dari sespri pak menteri," jawab Fadjry.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.