Sukses

DBN Ride Borobudur To Berlin Jadi Semangat saat Harkitnas

Hanya kurang dari sepekan, persiapan menuju pelepasan Daulat Budaya Nusantara (DBN) Ride Borobudur To Berlin dilaksanakan pada 20 Mei 2024 atau bertepatan dengan hari kebangkitan nasional (Harkitnas).

Liputan6.com, Jakarta - Hanya kurang dari sepekan, persiapan menuju pelepasan Daulat Budaya Nusantara (DBN) Ride Borobudur To Berlin dilaksanakan pada 20 Mei 2024 atau bertepatan dengan hari kebangkitan nasional (Harkitnas). Pada agenda tersebut, Tim DBN diundang oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia di Kafe Benteng Vredeburg Yogyakarta, Rabu (15/5).

Mengutip siaran pers, mereka yang mewakili ngopi bareng Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid adalah budayawan Achmad Ibnu Wibowo yang akan mengendarai motor dari Borobudur ke Berlin, kemudian Benny Zakaria salah satu perdiri DBN dan ditemani Heris Heryanto selaku Direktur Eksekutif Daulat Budaya Nusantara.

“Kami bagi tugas yaa, saya di Jakarta memastikan kehadiran tamu undangan yang akan hadir, sementara Tim DBN yang ada di seitaran Borobudur mempersiapkan acara. Lha kok ndilalah malah diundang sama Bang Hilmar Farid, Alhamdulillah misi Arus Balik Kebudayaan lewat agenda DBN Ride Borobudur To Berlin dibaca Dirjen Kebudayaan sebagai upaya pemajuan kebudayaan Indonesia” ujar Teguh Haryono, Pakar Pertahanan Kebudayaan saat dihubungi, Kamis (16/6/2024).

Menurut Teguh, tata nilai gotong royong dalam pemajuan kebudayaan yang di usung DBN ternyata dicermati banyak pihak pemangku kepentingan. Mereka yang memperhatikan DBN, mulai dari organisasi masyarakat, akademisi, media massa, wakil rakyat, dunia usaha dan pemerintah.

“Saya Hilmar Farid Dirjen Kebudayaan saat ini berada di Benteng Vredeburg bersama teman teman Daulat Budaya Nusantara akan ada satu gawe besar, yaitu Nunggang Roso Borobudur Berlin dan ini mengantar Gus Paox yang akan nunggang motor, ini bukan Cuma sekedar perjalanan, tapi juga napak tilas perjalanan budaya, jadi ya ziarah peradaban,” tutur Hilmar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Penuh

Hilmar memastikan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia memberikan dukungan penuh dalam kegiatan tersebut. Dia pun mendoakan agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar.

“Agar segalanya, selamat dan sepanjang itu nanti memberi inspirasi kepada masyarakat setempat. Sudah saatnya memang kebudayaan Indonesia memancar ke dunia, jadi selamat jalan Gus Paox dan terima kasih kepada teman teman Daulat Budaya Nusantara, semoga kerjasama kedepan bisa terjalin dengan baik” terang Hilmar.

Sebagai informasi, dalam pamfletnya, Kamis 16 Mei 2024 ini, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid tengah meluncurkan sebuah lembaga dengan sifat Badan Layanan Umum bernama Indonesian Heritage Agency. Sebuah lembaga yang di gadang gadang sebagai upaya pelestarian warisan budaya Indonesia.

Rencananya, pada tanggal 20 Mei 2024 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional nanti, Daulat Budaya Nusantara akan melepas perjalanan kebudayaan dari Borobudur ke Berlin. Kegiatan dulai pukul 06.30 WIB dengan upacara peringatan Harkitnas di Titik Nol Jogja bersama IMI Jateng, IMI Jogja komunitas motor besar juga para tamu undangan.

Lanjut perjalanan ke Borobudur pelepasan ke Berlin setelah makan siang dengan diiringi berbagai kesenian masyarakat sekitaran Borobudur.

“Semangat gotong royongnya di DBN itu terasa sekali ya, yang paling awal itu kan Indika Energi terlibat di Ruwatan Nusantara, lantas NU dan Lesbumi turut serta, dengan Kenduri Budaya kemudian MPR-RI sangat mendukung penuh, lalu Persatuan Insinyur Indonesia juga Ikatan Motor Indonesia sejalan seiring, berikutnya berturut turut Dirjen Kebudayaan selaku pemerintah sangat mendukung dan ingin kerjasama kebudayaan ini berlanjut. Satu lagi, besok perwakilan Tim DBN akan ketemu BOD Yamaha yang ikut support Borobudur To Berlin. Inilah berkahnya semangat Kebangkitan Nasional 20 Mei nanti” pungkas Teguh Haryono selaku Pendiri Daulat Budaya Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.