Sukses

Ketua GKSB DPR Harap Kerja Sama Bilateral Indonesia dan Hungaria Ditingkatkan Jauh Lebih Besar

Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR - Parlemen Hungaria, Amir Uskara menyebut bahwa Indonesia dan Hungaria telah menjalin kerja sama melalui pembuatan MoU di berbagai bidang.

Liputan6.com, Jakarta Kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria sudah terjalin selama 69 tahun. Kerja sama itu meliputi berbagai bidang seperti politik, ekonomi, perdagangan, sosial, budaya, pertahanan, dan parlemen.

Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR - Parlemen Hungaria, Amir Uskara menyebut bahwa Indonesia dan Hungaria telah menjalin kerja sama melalui pembuatan MoU di berbagai bidang seperti pendidikan, produk halal, teknik, olahraga, infrastruktur, air bersih, dan pariwisata.

"Mekanisme kerja sama yang ada dapat memberikan manfaat bagi kedua negara," sebutnya.

Amir pun mengungkapkan bahwa kerja sama bilateral Indonesia dan Hungaria perlu ditingkatkan lebih besar dari sebelumnya, karena dunia menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

"Termasuk perang, konflik, dan ketegangan geopolitik yang terus berlanjut, krisis iklim terus berlanjut, sementara inflasi dan kenaikan harga energi terus meningkat," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diplomasi Parlemen Strategis

Amir menjelaskan bahwa diplomasi parlemen melalui hubungan multilateral dan bilateral memainkan peran yang sangat strategis dalam memajukan kerja sama di berbagai bidang seperti mendorong demokrasi, hak asasi manusia, kesetaraan gender, perdamaian, keamanan, dan memperdalam hubungan bilateral antarnegara.

"Sebagai wakil rakyat, parlemen mempunyai peran penting dalam mendorong kontak antara masyarakat Indonesia dan Hungaria," jelasnya.

"Saya juga mendukung hubungan Pemerintah ke Pemerintah dalam meningkatkan hubungan khususnya di bidang investasi, perdagangan, pendidikan, pembangunan berkelanjutan, dan pariwisata serta kontak antarmasyarakat," kata Amir.

Seperti yang diketahui, Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR - Parlemen Hungaria, Amir Uskara didampingi oleh Mukhamad Misbakhun menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Hungaria (H.E) Lilla Karsay di Nusantara III, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2024). Kunjungan itu pun diharapkan dapat meningkatkan kemitraan bilateral, khususnya melalui Grup Kerja Sama Bilateral.

Untuk mendapatkan berita terbaru dan terfaktual terkait Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, bisa dilihat di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.