Sukses

Jokowi Akan Resmikan Bendungan hingga Jalan Daerah saat Kunjungan Kerja ke Sultra

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melakukan kunjungan kerja pada Minggu (12/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melakukan kunjungan kerja pada Minggu (12/5/2024).

Presiden Jokowi diagendakan meresmikan Bendungan Ameroro hingga jalan daerah.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Sultra melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jokowi dan rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.00 WIB.

Jokowi dan rombongan direncanakan mendarat di Pangkalan TNI Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, Sultra pada sore hari. Dia akan melakukan sejumlah agenda kerja pada Senin 13 Mei 2024 hingga Selasa 14 Mei 2024, antara lain peresmian pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara hingga peresmian Bendungan Ameroro.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Serta Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, dan Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Sebagai informasi, Bendungan Ameroro yang terletak di Kabupaten Konawe merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, di mana membendung Sungai Ameroro yang merupakan anak sungai dari Sungai Konaweha, dengan kapasitas tampung 88,27 juta m3 yang dapat dimanfaatkan untuk Pelayanan air Daerah Irigasi Ameroro seluas 3.363 ha, mereduksi banjir di wilayah Konawe sebesar 443 m3/detik, layanan air baku untuk Kabupaten Konawe 511 lt/detik serta potensi listrik 1,3 MW.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek Kondisi Bendungan

Sementara itu, Kepala BWS Sulawesi IV Kendari A Adi Umar Dani, tepatnya usai mengecek kondisi Bendungan Ameroro pada Kamis tanggal 9 Mei 2024 menyampaikan bahwa, seluruh struktur yang ada di Bendungan Ameroro telah dinyatakan aman secara teknis, dan sudah melalui sertifikasi desain, sertifikasi pelaksanaan, serta sertifikasi pengisian awal waduk oleh Komisi Keamanan Bendungan.

"Air Bendungan Ameroro sudah dirasakan manfaatnya, diantaranya terkait fungsi pengendalian banjir pada kabupaten Konawe dan telah melayani irigasi khususnya pada Daerah Irigasi Ameroro. Kedepan, Bendungan Ameroro juga akan menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Kabupaten Konawe dan sekitarnya," kata Adi Umar.

Kepala BWS Sulawesi IV Kendari juga menerangkan, terkait beredarnya foto hingga video permasalahan konstruksi pada tebing kiri spillway Bendungan Ameroro, merupakan dokumentasi pada masa konstruksi akhir tahun 2022.

Dengan kondisi tersebut, telah dilaksanakan penanganan dan perbaikan pada tebing kiri spillway melalui penguatan porefilling dan telah tuntas pada Maret tahun 2023.

"Saat ini kondisi tebing kiri spillway Bendungan Ameroro dipastikan aman dengan dilaksanakan pemantauan terhadap seluruh struktur yang dilaksanakan secara rutin. Adapun foto ataupun video lama terkait tebing kiri spillway, tidak membahayakan area Bendungan Utama. Untuk itu, seluruh masyarakat diharapkan tidak panik dan tidak mudah terprovokasi terhadap adanya hoaks," tandas Adi Umar.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Olahraga Bersama Warga di Kawasan CFD Jakarta

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghabiskan momen akhir pekan dengam berolahraga bersama masyarakat di kawasan bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) Sudirman-Thamrin, Minggu (12/5/2024). Jokowi bersepeda di kawasan tersebut.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, ada ribuan masyarakat yang memadati kawasan Sudirman-Thamrin. Suasana yang ramai ini dimanfaatkan Jokowi untuk bersepeda di kawasan tersebut.

Jokowi yang mengenakan kaus berwarna putih terlihat keluar dari kompleks Istana Kepresidenan Jakarta menggunakan sepeda kayu lengkap dengan helm sepeda berwarna merah. Dengan kecepatan sedang, Jokowi mengayuh sepedanya menyusuri jalanan hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Di Bundaran HI, dia berhenti sejenak untuk beristirahat dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Momen olahraga santai oleh Jokowi ini rupanya memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat yang dapat bertemu langsung di sana.

Salah satu warga bernama Devana mengaku bangga dengan Jokowi yang terlihat santai bersepeda di kawasan HI.

"Beliau sangat merakyat. Hari ini beliau buktikan bahwa beliau merakyatnya bersama-sama dengan masyarakat untuk jalan santai di Bundaran HI," katanya.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Erwin yang memanfaatkan hari libur dengan jalan santai di Sudirman-Thamrin. Ia mengungkapkan rasa senangnya dan menilai sosok Jokowi sebagai orang yang ramah.

"Perasaannya having fun sih. Baik, bagus, orangnya humble, merakyat, mencintai rakyat," ucap Erwin.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi Bersepeda di Kawasan CFD Sudirman-Thamrin pada Minggu Pagi

Pada pekan lalu, Minggu 5 Mei 2024, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghabiskan akhir pekan dengan bersepeda pagi di kawasan car free day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta. Jokowi mulai bersepeda dari Istana Merdeka, pukul 06.40 WIB.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi langsung menggowes sepeda kayu milikinya dari Istana Merdeka dan menyusuri Jalan Sudirman-Thamrin hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI). Di kawasan ini, para warga menikmati hari libur dengan berolahraga bersama keluarga.

Sepanjang perjalanan menuju Bundaran HI, sejumlah warga menyapa Jokowi dengan meneriakkan namanya. Saat di Bundaran HI, dia pun memperlambat laju sepedanya untuk menyapa dan berswafoto bersama warga.

Aufa, salah satu warga Jakarta tidak menyangka di hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day bisa bertemu dengan Jokowi.

"Aku bingung kan lagi duduk, terus habis itu ramai banget. Aku pikir pada foto sama TJ kan ternyata tiba-tiba ada Bapak Presiden," kata Aufa.

Senada, Dimas, salah satu warga yang menikmati Minggu pagi di Bundaran HI juga terkejut dengan kehadiran Kepala Negara di sana. Di mata Dimas, sosok Jokowi terlihat sederhana, berbaur dengan masyarakat untuk berolahraga bersama.

"Bapak seseorang yang sederhana, baik sekali, dan mencintai rakyatnya. Buktinya sendiri beliau juga mengikuti kegiatan bersama rakyatnya sendiri yang terjun langsung mengikuti CFD di pagi hari ini," tutur dia.

Ia pun mengungkapkan rasa senangnya dapat bertemu Jokowi. "Perasaannya sungguh senang dan sangat bahagia sekali," ucap Dimas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.