Sukses

Ditemukan Banyak Kondom di RTH Tubagus Angke, DPRD Jakarta Minta Ini ke Satpol PP

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta menemukan sejumlah alat kontrasepsi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tugabus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol, Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta menemukan sejumlah alat kontrasepsi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tugabus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol, Jakarta Barat.

Terkait hal itu, DPRD Jakarta Dwi Rio Sambodo meminta Satpol PP Jakarta untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) di setiap RTH untuk memastikan lingkungannya.

"Ada dua upaya yang dapat dilakukan dalam pengawasan terhadap obyek fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yakni pengawasan simultan dan inspeksi mendadak," kata dia seperti dilansir dari Antara, Jumat (3/5/2024).

Menurut Rio, pengawasan ini menjadi bukti, jika tidak berjalan dengan baik, maka RTH tersebut bisa beralih fungsi sebagaimana yang terjadi di Tubagus Angke, di mana menjadi tempat ajang asusila.

"Satpol PP bisa melibatkan warga sekitar maupun Kepolisian untuk membantu melaksanakan patroli rutin guna mencegah terjadinya tindakan yang tidak diinginkan," ungkap dia.

Selain itu, Rio juga menyarankan agar Pemprov Jakarta memaksimalkan pemberlakuan jam operasi RTH. Diharapkan dengan itu, warga tidak bisa setiap saat berkunjung di luar jam yang sudah ditentukan.

"Jangan-jangan ini menjadi fenomena gunung es artinya banyak hal serupa terjadi di tempat lain namun tak terungkap," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satpol PP Memperketat Pengawasan

Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta memperketat pengawasan di RTH Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat menyusul ditemukan sejumlah alat kontrasepsi di lokasi tersebut.

"Kami tempatkan anggota secara rutin, jaga di situ. Setiap malam, anggota kita pantek (tempatkan) di situ," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis 2 April 2024.

 

3 dari 3 halaman

Mengerahkan Sejumlah Personel

Arifin menyebut pihaknya mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pengawasan di kawasan tersebut selama 24 jam.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menelusuri temuan sejumlah alat kontrasepsi, di RTH Jalan Tugabus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan pasca-Lebaran 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.