Sukses

Ada Contraflow di KM 70-KM 47 Tol Japek Arah Jakarta, Urai Macet Arus Balik Lebaran 2024

Petugas kepolisian bersama pihak terkait lainnya berupaya mengurai peningkatan volume kendaraan pada arus balik lebaran Idul Fitri 2024 yang terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Untuk itu, rekayasa lalu lintas contraflow pun diberlakukan.

Liputan6.com, Jakarta Petugas kepolisian bersama pihak terkait lainnya berupaya mengurai peningkatan volume kendaraan pada arus balik lebaran Idul Fitri 2024 yang terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Untuk itu, rekayasa lalu lintas contraflow pun diberlakukan.

"Mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47 arah Jakarta, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai pukul 14.40 WIB," tutur VP Corporate Secretary and Legal Jasa Marga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo dalam keterangannya, Sabtu (13/4/2024).

Ria mengatakan volume lalu lintas kendaraan arah Jakarta pada ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek (Tol Japek) terpantau mulai semakin meningkat. Dia pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan dan memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

"Saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata Ria.

Polri resmi memfungsikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan Tol Cibitung-Cimanggis untuk pemudik kembali dari kampung halaman dalam momen arus balik lebaran 2024. Hal itu demi mengurai kepadatan volume kendaraan yang dapat menyebabkan kemacetan.

"Tol Bogor-Ciawi- Sukabumi (Bocimi) akan di fungsionalkan saat arus balik lebaran 2024, untuk mengurangi peningkatan volume kendaraan di jalur nasional," tulis twitter Korlantas Polri NTMC, Sabtu (13/4/2024).

"Sahabat lantas, mulai hari ini Pukul 06.00-17.00 WIB Tol Fungsional Cibitung-Cimanggis Akan dipergunakan untuk arus balik lebaran (ke arah Jagorawi/Bogor)," sambung cuitannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiada Mudik Seharga Nyawa

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengingatkan para pemudik mesti mempersiapkan diri dengan baik selama arus balik lebaran. Termasuk memastikan kesiapan kendaraan jika menggunakan milik pribadi.

"Tiada mudik seharga nyawa. Kalimat yang selalu saya ingatkan kepada seluruh masyarakat," kata Aan.

Dia menyebut, perjuangan meraih masa depan masih panjang. Ada banyak kejutan dari Tuhan yang akan datang di kemudian hari.

"Maka dari itu, ayo persiapkan perjalanan pulang mudikmu. Jaga dirimu, jaga orang-orang sekitarmu. Keselamatan adalah yang pertama dan utama," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.