Sukses

Belum Capai Puncaknya, Arus Balik Lebaran di Bandara Soekarno Hatta Dilalui 150 Ribu Penumpang

Memasuki akhir pekan, Bandara Soekarno Hatta (Soetta) kembali dipadati perlintasan penumpang. Jelang memasuki puncak arus balik Lebaran 2024, penumpang di bandara tersebut mencapai lebih dari 150 ribu orang.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir pekan, Bandara Soekarno Hatta (Soetta) kembali dipadati perlintasan penumpang. Jelang memasuki puncak arus balik Lebaran 2024, penumpang di bandara tersebut mencapai lebih dari 150 ribu orang.

"Untuk hari ini ada 150.378 pergerakan penumpang. Mulai dari kedatangan sebanyak 80.548 orang dan keberangkatan sebanyak 69.828 penumpang,"ungkap Senior Manager Branch Communication and Legal, M Holik Muwardi, Sabtu (13/4/2024).

Jumlah tersebut terus mengalami kenaikan pergerakan dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Yakni pada hari Kamis, 11 April 2024 sebanyak 117.004 penumpang, dan Jumat, 12 April 2024 sebanyak 129.452 penumpang.

Sementara, untuk pergerakan pesawat, Holik mengungkapkan, kenaikan pergerakan juga hampir mencapai seribu penerbangan atau sebanyak 999 pergerakan. Yakni keberangkatan mencapai 502 penerbangan dan 497 penerbangan kedatangan.

Nantinya, pergerakan penumpang ataupun penerbangan akan mencapai puncaknya pada Senin, 15 April 2024. Dimana, pergerakan penerbangan akan mencapai 1.200-an dan 190 ribuan pergerakan penumpang.

"Angka ini menunjukkan angka yang lebih tinggi dari puncak arus mudik di H-4, dimana di tanggal tersebut jumlah penumpang realisasinya ada di angka 187 ribu. Artinya, kita posisi bersiap untuk sambut itu dan hari ini kita akan di cek untuk kesiapannya," ujar Direktur Operasi dan Komersial Agus Haryadi.

Diprediksi, untuk total keseluruhan pergerakan penumpang di Bandara Soetta dalam arus balik mudik lebaran 2024 sebanyak 2,3 juta. Angka ini pun sudah melampaui pergerakan yang terjadi di tahun 2019.

"Untuk arus mudik itu total 1,3 juta dan baliknya kita prediksi sekitar 2,3 juta penumpang. Angka ini sudah menjadi titik balik dari tahun 2019. Melihat ini, kami pun menjamin kesiapan baik dari sisi fasilitas dan petugasnya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Daop 1: Sebanyak 46 Ribu Lebih Masyarakat Kembali ke Jakarta Pada Puncak Arus Balik Hari Ini

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat ada sebanyak 46 ribu lebih penumpang yang tiba di Jakarta saat puncak arus balik pada Sabtu (13/4/2024).

"Puncak arus balik diprediksi mulai dari hari ini hingga 3 hari ke depan, untuk hari ini kedatangan ke Daop 1 Jakarta baik itu Stasiun Gambir, Pasar Senen dan beberapa Stasiun lainnya mencapai 46.475 penumpang dan masih bisa bertambah jumlahnya," kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan tertulis.

Ixfan mengatakan, sebanyak 15.500 penumpang turun di Stasiun Gambir dan 17.000 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen. Sementara itu, 6.600 lainnya turun di Stasiun Bekasi, serta sisanya turun di Stasiun Jatinegara, Cikampek, Karawang, Cikarang dan Jakarta Kota.

Menurut Ixfan, angka kedatangan akan terus bertambah seiring pemesanan tiket arus balik yang masih tersedia. Dia menyebut, arus balik diprediksi mulai 13-15 April 2024. "Tiket mudik balik dari Jakarta masih tersedia. Ketersediaan tempat duduk per tanggal 13 April 2024 sebanyak 179.171 seat atau 19 ribu lebih seat rata-rata per harinya," kata Ixfan.

KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada para pelanggan kereta api agar teliti dan memeriksa kembali barang bawaannya selama melakukan perjalanan dengan kereta api. Barang bawaan jangan sampai tertinggal di peron stasiun maupun di atas KA.

"Kami juga mengimbau kepada penumpang untuk selalu ikuti aturan selama di area stasiun maupun dalam perjalanan demi keselamatan, ketertiban dan kenyamanan bersama," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Mulai Hari Ini Tol Bocimi dan Cibitung-Cimanggis Difungsikan untuk Arus Balik Lebaran 2024

Polri resmi memfungsikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan Tol Cibitung-Cimanggis untuk pemudik kembali dari kampung halaman dalam momen arus balik lebaran 2024. Hal itu demi mengurai kepadatan volume kendaraan yang dapat menyebabkan kemacetan.

"Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) akan di fungsionalkan saat arus balik lebaran 2024, untuk mengurangi peningkatan volume kendaraan di jalur nasional," tulis twitter Korlantas Polri NTMC, Sabtu (13/4/2024).

"Sahabat lantas, mulai hari ini pukul 06.00-17.00 WIB Tol Fungsional Cibitung-Cimanggis Akan dipergunakan untuk arus balik lebaran (ke arah Jagorawi/Bogor)," sambung cuitannya.

Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengingatkan para pemudik mesti mempersiapkan diri dengan baik selama arus balik lebaran. Termasuk memastikan kesiapan kendaraan jika menggunakan milik pribadi.

"Tiada mudik seharga nyawa. Kalimat yang selalu saya ingatkan kepada seluruh masyarakat," kata Aan.

Dia menyebut perjuangan meraih masa depan masih panjang. Ada banyak kejutan dari Tuhan yang akan datang di kemudian hari.

"Maka dari itu, ayo persiapkan perjalanan pulang mudikmu. Jaga dirimu, jaga orang-orang sekitarmu. Keselamatan adalah yang pertama dan utama," ucap Aan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.