Sukses

H+1 Lebaran 2024, 53 Ribu Pengunjung Masuk Ancol Siang Ini

Taman Impian Jaya Ancol dikunjungi 53 ribu lebih masyarakat di hari kedua libur Lebaran 2024 atau H+1 hari raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Taman Impian Jaya Ancol dikunjungi 53 ribu lebih masyarakat di hari kedua libur Lebaran 2024 atau H+1 hari raya Idul Fitri.

Adapun, data itu tercatat per pukul 13.00 WIB, Kamis (11/4/2024).

"Pengunjung per jam 13.00 tadi sudah 53.600," kata Head of Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho.

Eko menyampaikan, area pantai menjadi kawasan favorit pilihan para pengunjung untuk menghabiskan libur hari raya Idul Fitri di Ancol. Mereka, kata Eko sudah masuk Ancol sejak pagi hari.

"Sejak pagi hari sudah banyak pengunjung yang datang untuk piknik di pantai," ujar Eko.

Para pengunjung, lanjut Eko menuju area Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Lagoon, hingga beach pool. Selain area pantai, kawasan Dunia Fantasi hingga Sea World Ancol juga menjadi pilihan favorit pengunjung.

"Saat ini Dufan dan Sea World masih jadi paling ramai dikunjungi, setelah itu ada Ocean Deep Samudra, Atlantis," kata Eko.

Kunjungan ke Ancol diprediksi bakal terus meningkat di H+2 hingga H+4 Lebaran. Oleh sebab itu, pihaknya tengah melakukan sejumlah langkah antisipasi, termasuk menyediakan sentral parkir dan bus wara wiri.

"Kami melihat dengan tahun lalu di mana puncak kunjungan di hari kedua, ketiga, keempat lebaran. Tahun ini kami memprediksi hal yang sama di hari ini, hari kedua hingga nanti Sabtu kami prediksikan jadi puncak kunjungan wisatawan yangi ingin merayakan libur Lebaran di Ancol," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Ancol

Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Utara menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung saat libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Rekayasa lalu lintas di kawasan ini bersifat situasional.

"Pengamanan yang kami lakukan sifatnya situasional tergantung kepadatan pengunjung ke kawasan Ancol," kata Kepala Satlantas Polres Metro Jakut Kompol Edy Purwanto, Rabu (10/4/2024).

Ia mengungkapkan, di Jakarta Utara ada dua destinasi wisata yang bisa menjadi tujuan warga untuk mengisi waktu libur, yakni di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Kecamatan Penjaringan, dan Ancol di Kecamatan Pademangan.

Untuk PIK yang menjadi destinasi wisata adalah PIK 2. Sementara yang menjadi wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara adalah kawasan di PIK 1, sehingga hanya menjadi jalur perlintasan saja.

 

3 dari 3 halaman

Diprediksi Padat

Sementara untuk kawasan Ancol memang diprediksi padat karena menjadi salah satu tujuan wisata  favorit saat libur lebaran. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kawasan Ancol selalu dipadati pengunjung saat libur lebaran.

Seperti dikutip dari Antara, Edy mengungkapkan tiga indikator yang akan digunakan dalam pengamanan lokasi wisata, yakni indikator hijau, kuning, dan merah. Untuk indikator hijau, artinya semua dianggap normal dan arus lalu lintas berjalan aman dan lancar.

Sementara indikator kuning menunjukkan bahwa kawasan Ancol tidak lagi muat menampung parkir kendaraan dan terjadi antrean di pintu masuk tempat wisata dengan radius 500 meter.

"Kami akan minta pengendara yang datang belakangan untuk memarkir kendaraan di Jalan Benyamin Sueb dan Kemayoran," kata perwira menengah polisi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.