Sukses

Zulkifli Hasan: Idul Fitri Momen Perkuat Kebersamaan dan Persatuan

Zulkifli Hasan mengingatkan bahwa rangkaian pemilu telah berlalu dan rakyat telah menentukan pilihan. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat bisa kembali bersatu.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengajak semua pihak untuk menjadikan Lebaran Idul Fitri 2024 sebagai momentum untuk memperkuat persatuan bangsa dan negara usai rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya mengucapkan minal aidin wal faizin taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim, mohon maaf lahir batin," kata Zulkifli Hasan kepada wartawan saat open house di kediamannya, Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (10/4/2024), seperti dikutip dari Antara.

"Saya juga mengajak, momentum Eid Mubarak ini mari dari perjalanan panjang bangsa kita, kita sudah teruji. Makanya, mari kita lanjutkan untuk memperkuat kebersamaan, membuka persatuan," sambung pria yang kerap disapa Zulhas ini.

Ia mengingatkan bahwa rangkaian pemilu telah berlalu dan rakyat telah menentukan pilihan. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat bisa kembali bersatu.

"'Kan persaingan sudah, rakyat sudah menentukan pilihan dalam pemilu presiden, pemilu anggota DPR RI, serta pemilu anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Saya berharap semua pihak saatnya bersama-sama lagi ya, bersatu kembali," ujarnya.

Menteri Perdagangan itu juga mengingatkan bahwa persatuan adalah salah satu modal utama untuk mencapai cita-cita bangsa untuk menjadi negara maju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saling Mendukung dalam Keragaman

Zulhas berkata, Indonesia merupakan negara besar. Kalau tanpa kebersamaan, maka tentu cita-cita untuk menjadi negara maju itu tidak mudah diwujudkan.

"Akan tetapi, kalau kita bersama-sama, saling mendukung dalam keragaman karena keragaman itu satu kekuatan," kata dia.

"Insyaallah 100 tahun Indonesia merdeka, kita bisa menjadi negara maju. Itu harapan saya kepada kita teman-teman dan seluruh rakyat Indonesia," pungkas Zulkifli Hasan.

3 dari 3 halaman

Jokowi Gelar Open House di Istana, Menteri hingga Warga Ikut Antre

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menggelar open house dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Istana Negara Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Para menteri, duta besar negara sahabat, hingga masyarakat umum pun antusias ikut mengantre untuk bersilaturahmi dengan Jokowi.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, acara open house dimulai pukul 09.10 WIB. Namun, para menteri sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.55 WIB. Sementara itu, para warga mulai datang ke Istana pukul 06.30 WIB.

Adapun warga masuk melalui pintu Sekretariat Negara di Jalan Majapahit. Sedangkan, menteri dan pejabat negara lain masuk melalui pintu depan Istana Negara di Jalan Veteran Raya.

Kemudian, mereka mengantre di satu jalur untuk bersalaman serta berfoto bersama Jokowi dan Iriana. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut antusias mengantre untuk berlebaran dengan Jokowi dan Iriana.

Antrean tampak mengulur cukup panjang. Beberapa menteri pun membawa istri dan anak-anaknya untuk bersilaturahmi dengan Jokowi.

Menteri-menteri yang hadir dalam acara open house ini antara lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto.

Kemudian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini