Sukses

Angkasa Pura II Catat Jumlah Penumpang Capai 313.170 saat Puncak Mudik Lebaran 2024

Jumlah pergerakan penumpang pesawat secara kumulatif mencapai 313.170 penumpang.

Liputan6.com, Jakarta Momentum Lebaran selalu menjadi waktu yang dinanti-nantikan bagi jutaan masyarakat di Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta di kampung halaman. Berbagai moda transportasi pun dipilih untuk berkumpul bersama keluarga, mulai dari transportasi darat, laut, dan udara.

Salah satu opsi yang menjadi primadona setiap mudik Lebaran adalah pesawat. Ya, pesawat menjadi moda transportasi pilihan karena dapat memangkas waktu tempuh untuk kembali ke kampung halaman.

Di tahun 2024 ini, tercatat penumpang mudik Lebaran yang menggunakan pesawat sangatlah besar. Angkasa Pura II sebagai pengelola 20 bandara di Indonesia mencatat saat puncak arus mudik yang jatuh pada 6 April 2024, jumlah pergerakan penumpang pesawat secara kumulatif mencapai 313.170 penumpang.

Selaras dengan itu, jumlah penumpang pesawat angkutan lebaran 2024 di seluruh bandara Angkasa Pura II pada 3 sampai 6 April 2024 menyentuh 1,08 juta atau meningkat sekitar 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sekitar 940.000 penumpang.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pada puncak arus mudik 6 April 2024 tercatat 187.750 penumpang. Sehingga, pada 3 sampai 6 April 2024, jumlah penumpang mencapai 658.607 penumpang atau naik sekitar 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arus Mudik Berjalan Lancar

VP of Corporate Communication AP II, Cin Asmoro menilai bahwa operasional serta pelayanan di 20 bandara pada puncak arus mudik 6 April 2024 berjalan dengan lancar. Menurutnya, kelancaran operasional dan pelayanan didukung infrastruktur yang dilengkapi sistem teknologi informasi terkini, yakni Terminal Operation Center (TOC).

“Seluruh infrastruktur yang dilengkapi dengan teknologi informasi terkini berperan signifikan dalam menjaga kelancaran operasional penerbangan dan pelayanan di tengah tingginya lalu lintas penerbangan,” ujar Cin Asmoro.

Dirinya mengatakan, untuk di Bandara Soekarno-Hatta juga dioperasikan Airport Operation Control Center (AOCC), Airport Infrastructure Control Center (AICC), Land Transport Control Center (LTCC) dan Airport Security Operation Center (ASOC).

Di sisi lain, Cin Asmoro menuturkan bahwa kelancaran pelayanan di bandara AP II saat puncak arus mudik berkat beragam program aktivasi bagi penumpang pesawat yang digelar di terminal.

“Nuansa Ramadan kami hadirkan di bandara-bandara AP II. Di Bandara Soekarno-Hatta juga dilakukan beautifikasi seperti di Terminal 3 yang hadir dengan fasad dan landscape baru berkonsep garden di sejumlah titik,” tuturnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini