Sukses

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Revitalisasi Pasar Muara Bungo di Jambi

Jokowi menyebut, banyak pedagang yang saat ini berjualan di luar pasar karena kondisi dalam Pasar Muara Bungo, Jambi yang tidak memadai.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono segera melakukan revitalisasi atau penataan kembali Pasar Muara Bungo, Jambi. Jokowi berharap penataan tersebut membawa manfaat nyata bagi pedagang dan masyarakat sekitar.

"Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PU sehingga pedagangnya nyaman, pasarnya ramai, tempat parkir juga tersedia dan kita harapkan pasar tradisional modern tetap ramai," kata Jokowi saat berkunjung ke Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Kamis (4/4/2024).

Dia menyebut banyak pedagang yang saat ini berjualan di luar pasar karena kondisi dalam pasar yang tak memadai. Untuk itu, Jokowi menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur pasar untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang dan memastikan keberlangsungan ekonomi lokal.

"Yang paling penting, Pasar Muara Bungo ini harus diperbaiki sehingga pedagang ada di dalam. Kenapa mereka tidak mau ke dalam? Karena di dalamnya gelap, perlu memang ada penataan yang nanti akan dilakukan oleh Pak Menteri PU," jelasnya.

Soroti Potensi Unggulan Jambi

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut menyoroti sejumlah potensi unggulan yang ada di Provinsi Jambi. Menurut dia, Jambi memiliki beragam sektor yang menjanjikan, terutama dalam perkebunan dan pertanian rakyat.

"Saya kira banyak sekali ya, utamanya perkebunan rakyat, pertanian rakyat, saya melihat juga dari atas sepertinya tambang rakyat juga baik," tutur Jokowi.

Kendati begitu, dia mengatakan bahwa potensi tersebut harus dikelola dengan baik. Jokowi pun mengapresiasi keramahan masyarakat di Jambi.

"Ini potensinya gede sekali, kelihatan sekali dan masyarakatnya di sini baik-baik semua. Di Jambi, di Muara Bungo, di Merangin, di Tebo semuanya baik," ujar dia.

Sedangkan terkait stabilitas harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tersebut, Jokowi menyatakan kepuasannya atas kondisi saat ini.

Jokowi menyebut harga sejumlah bahan pokok di Pasar Muara Bungo masih cukup baik. "Stabilitas harga sama, sangat baik semuanya," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Harga Bahan Pangan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meninjau langsung kondisi harga bahan pangan yang ada di Pasar Tanjung Bungur, Jambi. Berdasarkan pantauan Presiden, harga-harga di pasar tersebut cukup terkendali, terutama beras.

"Ya paling penting harga-harga semuanya baik, utamanya ini ketemu beras di sini harganya baik, juga tadi saya lihat baik, sama seperti harga-harga bawang merah, bawang putih,” ujar Kepala Negara di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Rabu (3/4/2024).

Sedangkan terkait ketersediaannya, Jokowi mengatakan stok beras masih dalam kondisi aman dan masih relatif stabil.

"Stoknya tidak ada masalah, ini tadi yang SPHP juga ada semua dari Bulog, artinya secara stok ada," jelas Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga sempat menyapa dan menerima ajakan swafoto dari para pedagang dan masyarakat yang hadir di Pasar Tanjung Bungur.

3 dari 3 halaman

Disambut Antusiasme Warga

Salah satunya adalah Wendi, pedagang beras dan telur yang mengaku tidak menyangka bisa bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Senang sekali, kapan lagi kan ketemu sama orang nomor satu di tempat kita ini," ucap Wendi.

Senada, Feri Siahaan, warga sekitar yang sengaja datang ke pasar untuk bertemu Presiden Jokowi turut menyampaikan kegembiraannya. Menurutnya, kedatangan Presiden ke Kabupaten Tebo sebagai sebuah sejarah.

"Bangga sekali, bersyukur bisa datang ke sini, memang suatu berkat bagi kami datang Bapak Presiden. Kepengin (ketemu) orang nomor satu di Indonesia, belum pernah sejarahnya presiden ke sini," tutur Feri.

Sebagai informasi, turut mendampingi Presiden dalam kegiatan ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jambi Al Haris, dan Pj. Bupati Tebo Varial Adhi Putra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini