Sukses

Menteri PUPR Sebut Prabowo dan Gibran Akan Dilantik di IKN Nusantara

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka rencananya akan dilantik sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih RI periode 2024-2029 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Oktober mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029 akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Oktober mendatang.

Rencana itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Pelantikan presiden rencananya sih di sana (IKN)," kata Basuki kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Kendati demikian, Basuki tak menjelaskan apa pertimbangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih digelar di IKN.

"Pelantikan presiden Insyaallah udah di sana. Rencananya begitu," ucap dia.

Lebih lanjut, Basuki juga memastikan bahwa acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar di IKN. Namun untuk pidato kenegaraan tetap akan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung DPR/DPD/MPR RI, Senayan, Jakarta.

"Kalau 17 Agustusan di sana (IKN), nanti mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (Jakarta). 17 Agustus upacaranya rencananya masih di sana," ucap Basuki Hadimuljono.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Cek Kesiapan Peringatan HUT RI di IKN

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membahas kesiapan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di kawasan ibu kota negara baru Indonesia bernama Nusantara atau IKN Nusantara.

"Menhan bahas kesiapan pelaksanaan upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun dikutip dari Antara, Selasa (19/3/2024).

Pertemuan tertutup bersama Menhan Prabowo Subianto itu dilakukan di ruang pertemuan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN Nuantara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Yang dibahas kesiapan lapangan upacara dan sarana pendukung lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan upacara kenegaraan itu," jelas bupati.

Pertemuan itu juga membahas kesiapan pembangunan kantor pemerintahan yang bakal digunakan setelah pelaksanaan upacara kemerdekaan. Termasuk kesiapan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, dalam memberikan daya dukung di ibu kota negara baru Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Tinjau Pembangunan Istana dan Kantor Presiden di IKN

Pembangunan jalan tol prasarana penunjang transportasi Kota Nusantara yang dibangun di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, diharapkan segera rampung agar transportasi pejabat dan tamu negara tidak terhambat dan lancar.

"Menhan sampaikan terkait mekanisme pelaksanaan upacara dan juga ingin mengetahui sejauh mana kesiapan sarana prasarana," kata bupati.

"Beliau pahami kondisi dan persiapan di Kota Nusantara, dan minta dapat terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Makmur Marbun.

Menhan Prabowo Subianto sekaligus melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi pembangunan di kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara terutama istana dan kantor kepresidenan, serta lapangan upacara yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Rombongan Kementerian Pertahanan setelah melakukan kunjungan dari Kalimantan Selatan, mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan. Lalu pagi harinya melanjutkan perjalanan melalui jalur udara dengan helikopter menuju Kota Nusantara, dan kembali ke Jakarta sekitar pukul 11.30 WITA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini