Sukses

Gerindra Harap Gugatan PHPU PPP di MK Berhasil, Bisa Tetap Bertahan di Senayan

Waketum Partai Gerindra berharap PPP bisa lolos ke Senayan melalui jalur gugatan PHPU di MK. Sebagai partai lama, keberadaan PPP di parlemen masih dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra berharap agar perjuangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK) mendapat hasil maksimal, sehingga tetap bisa bertahan di Senayan.

Diketahui, PPP dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hanya mampu memperoleh 5.878.777 suara atau 3,87 persen. Itu artinya, PPP gagal melenggang ke Senayan karena tidak lolos ambang batas minimum parlemen 4 persen.

"Kita tahu dengan PPP saat ini juga lagi fight supaya bisa lolos di MK, karena ada banyak daerah yang mereka persoalkan untuk cari 200 ribu suara tersebut. Kami juga berempati dan bersimpati dengan temen-temen PPP," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, Rabu (27/3/2024).

"Semoga perjuangan temen-temen PPP untuk tetap bertahan di Senayan itu membuahkan hasil yang maksimal, dan kita butuh juga keberadaan mereka di Senayan ini," sambungnya.

Saat disinggung apakah ada keinginan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan membantu PPP, Habiburokhman mengaku tidak tahu bantuan dalam bentuk apa yang bisa dilakukan.

"Ya tentu kita kayak tadi semangatnya. Kami berharap yang terbaik untuk PPP juga PSI, dua partai yang menurut kami, ya temen-temen yang lain juga ya, tapi kalau PPP ini gimana ya, kebanyakan temen-temen di sini juga yang di Parlemen. Bukan hanya pimpinan partai," ucap Habiburokhman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Akan Rangkul PPP

Sebagai partai lama yang banyak diisi tokoh-tokoh senior, Habiburokhman berharap PPP bisa lolos ke Senayan melalui jalur gugatan PHPU di MK. 

"Ya berharap mereka juga bisa selamat, karena itu kan partai lama ya. Kalau di antara kami itu kan partai bapak kita. Tapi bentuk bantuannya seperti apa kami enggak ngerti juga yang bisa kami lakukan. Ya kalau secara teknis seperti apa, kami juga belum tahu ya," sambungnya.

Apalagi, ada keinginan yang kuat dari Ketua Umum Partai Gerindra untuk merangkul PPP. "Oh ya tentu, kalau itu pasti (rangkul PPP). Pak Prabowo sangat ingin merangkul semua pihak, termasuk PPP," katanya.

Sementara terkait dengan wacana Prabowo ingin bertemu dengan petinggi PPP, Hingga kini belum menemukan waktu yang pas untuk dilaksanakan.

"PPP kita juga tidak ada hambatan secara psikologis untuk bertemu PPP dengan Pak Prabowo. Cuma mungkin waktunya harus disesuaikan masing-masing," katanya memungkasi.

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini