Sukses

Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam 3-0, Jokowi: Selangkah Lagi

Presiden Jokowi menyempatkan menonton laga Timnas Indonesia melawan Vietnam bersama sejumlah menteri dan perangkat melekat di hotel tempatnya bermalam di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Selasa, 26 Maret 2024 malam.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia menaklukkan tuan rumah Vietnam 3-0 pada persaingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia yang berhasil mengalahkan Vietnam 3-0 pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh National Stadium, Selasa 26 Maret 2024.

Jokowi mengatakan Indonesia selangkah lagi lolos ke fase kualifikasi babak ketiga Piala Dunia 2026.

"Selamat kepada Tim Nasional (Timnas) Indonesia atas kemenangan gemilang melawan Vietnam dengan skor 3-0 di kandang lawan, stadion Mỹ Đình National, Hanoi, Vietnam!," kata Jokowi dikutip dari akun Instagramnya @jokowi, Rabu (27/3/2024).

"Selangkah lagi untuk melaju ke fase kualifikasi babak ketiga Piala Dunia 2026. Teruslah berjuang dengan penuh semangat!," sambungnya.

Jokowi pun menyempatkan menonton laga tersebut bersama sejumlah menteri dan perangkat melekat di hotel tempatnya bermalam di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Selasa, 26 Maret 2024 malam.

Diketahui, dalam laga ini, ay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta menyumbang gol untuk tim tamu.

Hasil ini membuat Indonesia meraih tiga kemenangan beruntun atas sang rival di Asia Tenggara. Timnas Indonesia juga memetik hasil positif pertama di markas Vietnam untuk kali pertama setelah menunggu hampir 20 tahun.

Sebelumnya Indonesia terakhir kali berjaya di rumah Vietnam terjadi di Piala AFF, Desember 2004. Kala itu Indonesia juga unggul 3-0.

Adapun susunan pemain saat laga, yakni:

Vietnam: Filip Nguyen, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son, Vu Van Thanh, Nguyen Tien Linh, Van Khang Khuat

Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Witan Sulaeman, Hokky Caraka

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gilas Vietnam, Satu Kaki Timnas Indonesia ke Putaran Ketiga

Timnas Indonesia membungkam Vietnam 3-0 pada persaingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024). Gol bagi tim tamu dicetak Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta.

Hasil ini memperbesar peluang Indonesia melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong sudah mengoleksi tujuh angka dari empat laga, unggul empat poin atas pesaing terdekat Vietnam.

Dengan Indonesia dan Vietnam sama-sama harus bertemu Irak plus Filipina di sisa kompetisi, Skuad Garuda dalam posisi sangat baik. Timnas Indonesia tetap bisa lolos walau kalah di dua partai terakhir, dengan syarat Vietnam menderita satu hasil negatif.

Irak sendiri sudah memastikan lolos setelah mengalahkan tuan rumah Filipina 5-0 pada Selasa malam.

Sementara, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia saat mengalahkan Vietnam 3-0 pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024).

3 dari 3 halaman

Erick Thohir: Perjuangan Belum Selesai

"Alhamdulillah kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi," ujar Erick dilansir situs resmi federasi.

Erick menilai kemenangan ini bukan sekadar tiga poin semata. Dia menyebut sukses anak asuh Shin Tae-yong sebagai hasil bersejarah lantaran timnas Indonesia sudah hampir 20 tahun tidak mampu mengalahkan Vietnam. di rumahnya

"Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signfikan," ucap Erick.

Erick juga memuji mental bertarung para penggawa Garuda yang tak gentar bermain di kandang lawan. Kendati begitu, sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini menilai perjuangan Indonesia belum selesai.

“Kita tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni untuk lolos ke babak berikutnya” ujar Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.