Sukses

Kapolda Metro Terapkan Pola Lama dalam Pengamanan Hadapi Lebaran 2024

Karyoto menjelaskan alasan tidak mengubah pola pengaman saat Lebaran adalah karena Jakarta akan ditinggalkan oleh masyarakat yang melakukan perayaan Lebaran seperti pulang kampung atau mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya tidak mengubah pola yang sudah dilakukan selama ini terkait persiapan dan pengamanan wilayah dalam menghadapi lebaran.

"Saya tidak akan mengubah pola yang sudah dilakukan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto saat ditemui di Jakarta, Jumat (23/3/2024).

Yang jelas, kata Kapolda, secara jumlah anggota yang terlibat di Operasi Ketupat terbatas. "Namun kami akan ekstra lebih memberikan pelayanan," katanya.

Karyoto menjelaskan alasan tidak mengubah pola pengaman saat Lebaran adalah karena Jakarta akan ditinggalkan oleh masyarakat yang melakukan perayaan Lebaran seperti pulang kampung atau mudik.

"Pertama, kami akan perintahkan pada kapolsek dan kapolres untuk menyediakan tempat penitipan," katanya.

Kedua, jelas ada rumah-rumah kosong. Karyoto akan lebih mengedepankan sistem keamanan lingkungan. "Kami dari petugas hanya akan melakukan patroli, diintensifkan. Ya kita bisa melihat memang namanya pencurian, ada niat tidak baik pasti sudah gambar-gambar, tapi mudah-mudahan kita juga bisa melakukan pencegahan dengan baik," katanya yang dilansir dari Antara.

Kemudian terkait lalu lintas, pihaknya juga telah menyediakan program mudik gratis menggunakan bus untuk memudahkan masyarakat pulang ke kampungnya. Jika tahun lalu pihaknya mendapatkan banyak apresiasi masyarakat terkait kelancaran mudik lebaran, maka tahun ini harus lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertahankan Prestasi

"Kalau tahun yang lalu kita dapat apresiasi masyarakat. Mudah-mudahan tahun ini bisa mempertahankan dan bisa lebih baik, lebih lancar," katanya.

Yang paling penting, kata Kapolda, jangan sampai kecelakaan lalu lintas kendaraan pemudik lebih tinggi dari tahun yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.