Sukses

Kapolda Metro Pastikan Kasus Firli Bahuri Bakal Diselesaikan: Tunggu Tanggal Mainnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto membeberkan perkembangan kasus dugaan pemerasan yang menyeret Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto membeberkan perkembangan kasus dugaan pemerasan yang menyeret Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Dia memastikan, penyidikan kasus tersebut tetap berjalan.

"Perkara itu jalannya dengan berkas, berkasnya ini memang sedang ada di kita dan dalam waktu yang tidak lama akan kita selesaikan," kata Karyoto kepada wartawan, Jumat (22/3/2024).

Karyoto mengatakan, penyidik saat ini sedang melengkapi berkas perkara sesuai dengan petunjuk dari jaksa penuntut umum (JPU). Dia meminta semua pihak menunggu karena tidak lama lagi berkas akan sempurna.

"Nanti pada waktunya akan selesai. Saya katakan pada waktunya akan selesai. Nanti lihat aja ke depan bagaimana. Kita sudah, tinggal fase terakhir," ucap dia.

Lebih lanjut, Karyoto optimis penyidik mampu memenuhi batas waktu penanganan perkara. "Saya hanya bisa mengatakan saya akan menuntaskan, nanti tunggu saja tanggal mainnya," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapolri soal Sejumlah Pihak Desak Firli Bahuri Ditahan: Pemeriksaan Masih Berjalan

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menjadi perbincangan usai mangkir dari pemeriksaan kasus dugaan pemerasan Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Bareskrim Mabes Polri. Yang bersangkutan disebut belum diketahui keberadaanya hingga kini.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Lisyto Sigit Prabowo mengatakan, proses pemeriksaan tengah dilakukan pihak kepolisian.

Dia menuturkan, pihak Polda Metro Jaya yang menangani kasus Firli ini disebut tak mau terburu-buru.

Hal ini disampaikan Listyo usai hadir di acara peluncuran buku berjudul 'Jalan Baru Moderasi Beragama Mensyukuri 66 Tahun Haedar Nashir' di Perpustakaan Nasional, Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024) malam.

"Ya kan pemeriksaannya sedang berjalan. Saya kira Polda Metro tentunya melakukan pemeriksaan dengan cermat dan tidak terburu-buru," kata Listyo.

Dia mengaku, menghormati desakan sejumlah pihak ke kepolisian untuk segera menahan Firli. Namun, Listyo menegaskan kepolisian serius menangani kasus Firli Bahuri.

"Ya kita hargai saja. Tapi yang pasti mereka serius," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Desakan Penahanan Firli Bahuri

Sebelumnya, mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan meminta kepada kepolisian untuk dapat segera melakukan penahanan terhadap Firli Bahuri yang saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Ia menilai dengan ditahannya mantan Ketua KPK itu dan dituntaskan kasusnya, dapat sebagai gerbang untuk membuka rentetan kasus yang diduga berkaitan dengannya.

"Bayangkan lembaga yang memberantas korupsi justru malah berbuat korupsi dan terkait perkara Firli Bahuri ini saya yakin perbuatannya banyak. Dan kalau yang satu ini belum dituntaskan bagaimana bisa mengungkapkan perkara-perkara yang lain," kata Novel kepada wartawan, Sabtu (2/3/2024).

Dia menuturkan, kasus yang menjerat purnawirawan Jenderal bintang tiga itu tidak dapat dipandang sebagai kasus rasuah biasa seperti yang ditangani oleh KPK pada umumnya.

Advertisement Sebab, dengan korupsinya Firli menjadi catatan terburuk KPK sepanjang sejarah. Terlebih-lebih pandangan Komisi Antirasuah justru menjadi jeblok.

"Bayangkan orang yang bertugas sebagai pimpinan KPK ketua bahkan itu malah berbuat korupsi diduga korupsinya banyak dan ini baru pertama kali terjadi," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.