Sukses

KPK Sentil Caleg PSI Marsha Siagian dan Ketua KPU Hasyim Asy'ari Usai Viral Beri Kue Ultah

KPK melihat indikasi gratifikasi dari video viral yang memperlihatkan momen caleg PSI Marsha Siagian memberikan kue ultah kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Liputan6.com, Jakarta - Video viral yang memperlihatkan momen calon anggota legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Marsha Damita Siagian memberikan kue ulang tahun kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari turut disorot Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, pemberian kue oleh Marsha Siagian kepada Ketua KPU tersebut dapat berpotensi menjadi salah satu bentuk gratifikasi, lantaran diduga adanya suatu kepentingan.

"Itu jelas ada (potensi gratifikasi), satu yang jelas benturan kepentingan. Itu kan sudah sangat jelas, karena kan memang kewenangan dari KPU kemudian partai ini kan sejalan," kata Ali kepada wartawan, Selasa (19/3/2024).

"Kalau nanti gratifikasi adalah memberikan sesuatu tapi berharap suatu saat dia dapat membantu, misalnya. Dia dapat menolong yang bersangkutan, kepentingannya apa, ah itu gratifikasi," ujarnya menambahkan.

Menurut Ali, semestinya pemberian kue tersebut dapat dibagikan kepada pihak-pihak yang lebih membutuhkan karena dinilai lebih bermanfaat.

Oleh karenanya, ia mendorong Ketua KPU Hasyim Asy'ari dapat segera melaporkan dugaan gratifikasi tersebut kepada KPK bila memang pada akhirnya.

"Sehingga ketika menerima apapun yang berhubungan seperti itu ya seharusnya melapor kepada KPK. Adapun nanti makanan tadi itu akan dibagikan ke panti dan seterusnya ya bisa jadi gitu ya, bisa saja seperti itu dilakukan," pungkas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Ketua KPU

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari buka suara setelah momen perayaan ulang tahun (ultah) dirinya yang turut dihadiri calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Marsha Siagian viral di media sosial.

Dia mengakui ada kue ulang tahun pada saat itu. Namun Hasyim memastikan, bahwa kue ultah itu ia siapkan sendiri.

"Oh itu kue yang nyiapin saya sendiri. Dia (Marsha) hanya ikut memvideo dan ikut makan," kata Hasyim kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Selain Marsha, kata Hasyim, momen ulang tahunnya itu juga turut dihadiri oleh beberapa saksi dari partai lain. Ia juga menepis kabar bahwa kue ulang tahunnya diberikan oleh salah satu caleg PSI.

"Enggak ada PSI ngasih kue, enggak ada. Kue dari saya sendiri, saya menyuguhkan di arena pleno," kata Hasyim menandaskan.  

3 dari 3 halaman

Tak Hanya Dihadiri Marsha Siagian

Momen Wasekjen PSI Marsha Siagian ikut merayakan hari ulang tahun Ketua KPU Hasyim Asy'ari diunggah akun X @never×××.

"PSI rayakan ultah Ketua KPU, emang bole???? Ini termasuk gratifikasi bukan Geng," tulis caption dalam video yang viral itu.

Dalam video tersebut, terlihat bukan hanya Marsha yang ikut merayakan ulang tahun Hasyim. Melainkan ada beberapa orang lainnya yang juga dari pendukung masing-masing calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) atau dari partai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kemudian, pada momen pemotongan kue ulang tahun, saat itu nampak Marsha diminta tolong oleh Hasyim untuk mengambilkan piring berukuran kecil berwarna putih.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini