Sukses

Erina Gudono Digadang-gadang Maju Pilkada Sleman, NasDem: Jangan Instan

Nama menantu Presiden Jokowi, Erina Gudono masuk radar Partai Gerindra sebagai tokoh yang potensial diusung maju di Pilkada Sleman, DIY.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Hermawi Taslim turut merespons  munculnya nama menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman.

Erina yang merupakan istri Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ini masuk dalam radar Partai Gerindra sebagai figur yang berpotensi dicalonkan menjadi Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hermawi menyerahkan pilihan kepala daerah kepada rakyat. Kendati begitu, dia berharap agar Erina yang dinilai masih muda lebih dulu memiliki jam terbang yang lebih jika ingin benar-benar ikut terjun ke dunia politik dan kontestasi kepala daerah.

"Terserah aja kalau rakyat mau pilih, tanya rakyat ya kan. Tapi menurut saya mereka kan masih muda-muda perlu memupuk jam terbang, jadi jangan instan-instan lah, seperti kebanyakan orang saja," kata Hermawi kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (16/3/2024).

"Masa iya disebut langsung jadi, disebut langsung jadi. Kasian proses kaderisasi politik kita," sambungnya.

Sementara saat disinggung soal Kaesang yang juga digadang-gadang maju di Pilkada Solo, menurutnya masih terlalu dini untuk membahas hal itu.

"Kita lihat saja nanti, terlalu pagi untuk komentar. Tetapi yang gadang-gadang ini kan biasanya orang sekitar orang sekitar," ucap politkus senior NasDem ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erina Dilirik Gerindra

Sebelumnya, nama menantu Presiden Jokowi, Erina Gudono masuk dalam radar Partai Gerindra sebagai tokoh yang berpotensi diusung dalam Pemilihan Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY, Widi Handoko angkat bicara tentang masuknya nama Erina Gudono.

Widi menyebut nama Erina muncul karena aspirasi dari masyarakat. Sehingga dia membantah jika masuknya nama istri Ketua PSI Kaesang Pangarep ini merupakan dorongan dari Jokowi.

"Berawal dari aspirasi masyarakat. Kemudian diakomodir oleh DPC Partai Gerindra. Tidak ada dorongan dari Pak Jokowi," katanya saat dihubungi.

 

3 dari 3 halaman

Masih Sebatas Wacana

Widi membeberkan usulan nama Erina Gudono ini baru sebatas wacana. Widi menerangkan hingga saat ini belum ada pernyataan resmi Partai Gerindra akan mengusung Erina Gudono di Pilkada Sleman.

"Masih sebatas wacana. Belum ada pernyataan resmi dari beliau dan Gerindra sendiri. (Partai Gerindra) belum pernah melakukan pendekatan personal untuk menemui beliau," ujarnya.

Widi menambahkan saat ini ada sejumlah nama tokoh internal dari Partai Gerindra seperti Lisman Pujakesuma, HR. Sukaptono, Anton Prabu Semendawai, hingga Danang Wicaksana Sulistyo yang akan maju dipenjaringan untuk Pilkada Sleman.

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini