Sukses

Ada Perubahan Desain, Istana Wapres di IKN Mulai Dibangun Tahun Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur baru akan dibangun pada tahun 2024 ini.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur baru akan dibangun pada tahun 2024 ini.

Disebut, pembangunan ditargetkan akan selesai pada tahun 2025.

"Kalau Istana Wakil Presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun. Tahun ini (dibangun). Saya belum informasi pastinya mudah-mudahan Juni-Juli baru (dibangun)," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Menurut dia, Istana Wapres baru dibangun karena ada perubahan desain. Basuki menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai ada desain yang harus direvisi.

"Desainnya berubah, waktu lelang pertama kita dengan desain yang juara sanyembara pertama. Tapi setelah di cek Pak Presiden beliau melihat perlu direvisi sehingga kita revisi. Itu nanti kita tidak tahu lelang ulang atau enggak gitu loh," jelasnya.

Sementara itu, Istana Presiden di IKN dipastikan rampung pada Juli 2024. Kendati begitu, Basuki belum mengetahui kapan Jokowi akan mulai berkantor di sana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bandara Hingga Air Bersih Diselesaikan

Pasalnya, kata dia, masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan sebelum Jokowi mulai berkantor di IKN. Mulai dari, bandara, jalan tol, hingga ketersediaan air bersih.

"Yang penting kan tidak hanya airport atau tol tapi juga air. Air kita rencanakan sudah bisa masuk bulan Juni, kedua tol bisa masuk bulan Juli. Kalau airnya Juni. Airport sekitar Juli, sehingga itu Karena kalo ada airport, ada tol, enggak ada air, enggak bisa," tutur dia.

"Jadi utama air, dan airport dan Insyaallah itu Juli sudah siap makanya nanti 17 Agustus-an Insyaallah bisa dilakukan di sana dan beliau akan berkantor di sana," sambung Basuki.

 

3 dari 3 halaman

Terima Banyak Keluhan dari Investor soal Kecepatan Investasi di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sejumlah arahan kepada sejumlah menteri terkait kesiapan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur untuk investasi. 

Pasalnya, dia mendapat banyak keluhan dari investor tentang kecepatan investasi di IKN. 

"Ada dua hal yang diarahkan oleh bapak presiden khususnya untuk kesiapan lahan untuk investasi dan percepatan investasi karena beliau banyak mendapat keluhan-keluhan dari investor tentang kecepatan investasi di IKN," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai rapat bersama Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.