Sukses

Persiapan Pilkada, Airlangga Terbitkan 1.040 Penugasan Berdasarkan Evaluasi Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambut positif hasil pemilihan umum (pemilu) 2024. Menurut Airlangga, partainya meraih hasil positif dengan meraih suara nasional di angka 15 persen berdasarkan hasil sementara dari real count Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambut positif hasil pemilihan umum (pemilu) 2024. Menurut Airlangga, partainya meraih hasil positif dengan meraih suara nasional di angka 15 persen berdasarkan hasil sementara dari real count Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan hasil tersebut, Airlangga menerbitkan 1.040 penugasan untuk menyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada) November 2024. Hal itu merupakan keputusan dari rapat evaluasi pileg dan pilpres 2024 yang dilangsungkan pada Minggu (10/3/2024).

"Partai Golkar sudah mengeluarkan lebih dari 1.040 penugasan untuk bupati, wali kota, gubernur, dan sekarang adalah persiapan untuk evaluasi," ujar Airlangga Hartarto seperti dikutip Senin (11/3/2024).

Airlangga menjelaskan, partainya sudah mengantongi sejumlah nama calon anggota legislatif (caleg) yang dipastikan maju ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan hasil suara signifikan. Nantinya, mereka akan dipantau kinerjanya untuk memaksimalkan persiapan pilkada.

"Oleh karena itu, dalam 3-4 bulan ke depan, Partai Golkar akan konsentrasi ke sana," tegas Airlangga.

Airlangga menambahkan, saat ini Partai Golkar akan melakukan survei untuk pilkada. Dari survei tersebut, dia akan memetakan kesiapan calon yang akan diusung.

"Ada calon yang sudah pileg menyatakan lanjut, ada calon yang sudah menyatakan tidak akan lanjut, dan ada calon yang baru. Yang kemarin dalam pileg, angkanya tembus ratusan ribu, sehingga ini semua akan dievaluasi," Airlangga menandasi.

Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) melarang jadwal pilkada serentak 2024 diubah. MK memastikan pilkada harus tetap digelar November 2024 sesuai payung hukum pilkada. Pernyataan ada dalam pertimbangan putusan perkara nomor: 12/PUU-XXII/2024.

"Pilkada harus dilakukan sesuai dengan jadwal dimaksud secara konsisten untuk menghindari tumpang tindih tahapan-tahapan krusial pilkada serentak 2024 dengan tahapan pemilu 2024 yang belum selesai," kata hakim MK Daniel Yusmic saat membacakan pertimbangan putusan di Gedung MK, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arah Pemilih Golkar Linear di Semua Tingkatan pada Pemilu 2024

Airlangga juga menyampaikan bahwa Partai Golkar menang di 15 provinsi berdasarkan hasil rekapitulasi suara sementara pileg 2024 oleh KPU. Dia yakin Partai Golkar bakal mendapat kursi yang signifikan di parlemen.

"Saya juga mengapresiasi apa yang diprediksi Partai Golkar akan memperoleh kursi yang signifikan, signifikan itu di atas 100. Dan, dari hasil perencanaan yang disiapkan selama 2 tahun, alhamdulillah memberikan hasil, karena Partai Golkar menjadi partai pemenang di 15 provinsi," ucap Airlangga dilansir Antara.

Di sisi lain, Airlangga menyebut arah pemilih Partai Golkar linear di seluruh tingkatan pada pemilu 2024.

"Alhamdulillah dalam pemilu kali ini Partai Golkar pemilihnya linear. DPR kabupaten/kota, provinsi, dan nasional sekaligus juga linear dengan presiden yang diusung oleh Partai Golkar. Oleh karena itu, ini sebuah pencapaian yang menunjukkan soliditas dan kekuatan mesin Partai Golkar," ujar Airlangga Hartarto.

3 dari 3 halaman

Golkar Gelar Rapat soal Evaluasi Hasil Pemilu 2024

Partai Golkar menggelar rapat pleno hasil evaluasi Pemilu Presiden dan Legislatif 2024, Minggu (10/3/2024). Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Markas DPP Partai Golkar, Anggrek Neli, Slipi Jakarta Barat.

Pantauan di lokasi, rapat dimulai pukul 16.30 WIB dan berlangsung tertutup. Namun sebelum rapat internal berlangsung, awak media dipersilakan untuk mengambil gambar di lokasi.

Tampak duduk di barisan depan panggung mendampingi Airlangga Hartarto, yaitu Sekretaris Jenderal Partai Golkar Letjen TNI (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet), Wakil Ketua Umum Golkar Melchias Mekeng, dan Ketua Komisi 2 DPR RI yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia.

Selain itu, duduk di barisan peserta, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzili. Diketahui, dalam rapat ini dijadwalkan seluruh ketua DPD dari semua provinsi se-Indonesia juga hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.