Sukses

5 Ucapan Duka Cita Komedian Polo Srimulat Meninggal Dunia karena Sakit Paru-Paru

Kabar duka datang dari dunia komedi Indonesia. Polo Srimulat meninggal dunia sekitar pukul 12.10 WIB pada Rabu 6 Maret 2024 di Rumah Sakit Ana Medika Bekasi, Jawa Barat karena mengalami sakit paru-paru.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia komedi Indonesia. Polo Srimulat meninggal dunia sekitar pukul 12.10 WIB pada Rabu 6 Maret 2024 di Rumah Sakit Ana Medika Bekasi, Jawa Barat karena mengalami sakit paru-paru.

Sang putra, Sebastian, menceritakan bahwa ayahnya Polo Srimulat tidak memiliki firasat apa pun sebelum kepergiannya. Kondisi kesehatan Polo bahkan sempat membaik dan Sebastian memiliki kenangan indah bersama ayahanda.

"Enggak ada (firasat), semalam masih becanda sama saya, enggak apa-apa semalam, cuma tadi pagi kambuh," ujar Sebastian dikutip dari kanal YouTube MOP Chanel pada Rabu siang 6 Maret 2024.

Menurut Sebastian, sebelumnya, Polo memang sempat bolak-balik ke rumah sakit karena penyakit yang dideritanya itu, namun beberapa hari terakhir kondisinya sudah berangsur membaik. Sayangnya, pada Rabu pagi, kesehatannya tiba-tiba menurun drastis.

"Cuma tadi pagi, dari 04.30 WIB, sebelumnya baik-baik aja. Tiga hari sempat sudah enggak pakai oksigen, sudah baik banget kondisinya, cuma tadi pagi jam setengah 5 itu batuk, terus langsung saya bawa ke rumah sakit," papar Sebastian.

Ucapan duka cita pun mengalir dari para sahabat. Salah satu komedian senior yang sempat mengungkapkan rasa dukanya di media sosial adalah Jarwo Kwat. Tampak Jarwo Kwat mengunggah ucapan duka dari Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI).

"Turut berduka cita atas wafatnya Seniman Komedi Barata Nugraha/Mas Polo. Semoga ditempatkan di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin," begitu kalimat yang disampaikan oleh PASKI bersama foto sang komedian.

"RIP mas Polo Srimulat. Terima kasih yg tak terhingga, atas dedikasi beliau utk dunia komedi Infonesia. 🙏🏻," tulis Jarwo Kwat, pada hari yang sama, mengutip akun Twitter @jarwokuat.

Berikut sederet ucapan duka cita usai kabar duka Polo Srimulat meninggal dunia pada Rabu 6 Maret 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sang Anak Ungkap Tak Ada Firasat, Sampaikan Permohonan Maaf

Polo Srimulat meninggal dunia di Rumah Sakit Ana Medika Bekasi, Jawa Barat, Rabu 6 Maret 2024. Sang komedian senior ini mengembuskan napas terakhir setelah menderita sakit paru-paru.

Sebastian sang putra menceritakan bahwa dia tidak memiliki firasat apa pun sebelum kepergian sang ayahanda. Kondisi kesehatan Polo bahkan sempat membaik dan Sebastian memiliki kenangan indah bersama ayahanda.

"Enggak ada (firasat), semalam masih becanda sama saya, enggak apa-apa semalam, cuma tadi pagi kambuh," ujar Sebastian dikutip dari kanal YouTube MOP Chanel pada Rabu siang 6 Maret 2024.

Sebelumnya, Polo memang sempat bolak-balik ke rumah sakit karena penyakit yang dideritanya itu, namun beberapa hari terakhir kondisinya sudah berangsur membaik. Sayangnya, pada Rabu pagi, kesehatannya tiba-tiba menurun drastis.

"Cuma tadi pagi, dari pukul 04.30 WIB, sebelumnya baik-baik aja. Tiga hari sempat sudah enggak pakai oksigen, sudah baik banget kondisinya, cuma tadi pagi jam setengah 5 itu batuk, terus langsung saya bawa ke rumah sakit," paparnya.

Sang anak kemudian menyampaikan permintaan maaf atas nama Polo. Dia berharap amal ibadah ayahnya dapat diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.

"Teman-teman semuanya kami minta maaf untuk Pak Polo ya, maafin semuanya ya. Keluarga cuma bisa minta maaf sama semuanya kalau ada salah. Untuk sementara seperti itu," ujar sang putra Sebastian.

 

3 dari 6 halaman

2. Jarwo Kuat Ungkap Duka Mendalam

Atas kepergian Polo untuk selamanya, sejumlah komedian ikut berduka. Salah satu komedian senior yang sempat mengungkapkan rasa dukanya di media sosial adalah Jarwo Kwat. Tampak Jarwo Kwat mengunggah ucapan duka dari Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI).

"Turut berduka cita atas wafatnya Seniman Komedi Barata Nugraha/Mas Polo. Semoga ditempatkan di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin," begitu kalimat yang disampaikan oleh PASKI bersama foto sang komedian.

"RIP mas Polo Srimulat. Terima kasih yg tak terhingga, atas dedikasi beliau utk dunia komedi Infonesia. 🙏🏻," tulis Jarwo Kwat, pada hari yang sama, mengutip akun Twitter @jarwokuat.

Atas kabar duka ini, warganet pun ikut merasa kehilangan dengan mengungkapkan perasaan duka mereka di komentar unggahan Jarwo Kuat.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, semoga diterima semua kebaikan, diampuni semua kesalahan, dilapang dan terangkan kuburnya, semoga keluarga diberi ketabahan, amin allahuma amiiin," tulis seorang warganet.

"Selamat jalan Mas Polo... Terima Kasih telah membuat masa2 kecil bahkan smpe pny anak2 membuat kita dan keluarga tertawa.. Semoga menjadi Amal Jariyah Njenengan.... 😭," ucap yang lain.

"RIP om Polo, semoga mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME," tulis seorang lagi.

 

4 dari 6 halaman

3. Roy Marten Terkejut Dengar Kabar Polo Srimulat Meninggal Dunia

Aktor Roy Marten terkejut mendengar kabar Polo Srimulat meninggal dunia. Padahal hampir setiap pagi Roy Marten dan Polo berbagi kabar melalui pesan singkat WhatsApp.

Roy Marten mengatakan, sebelumnya Polo masih sempat membalas pesannya. Namun pagi tadi, dia tidak lagi mendapat kabar dari sang komedian, yang diketahui sedang sakit beberapa bulan terakhir.

"Saya baru dengar ini, tapi begitu saya buka WA. Saya. Karena tiap pagi saya WA sama Mas Polo, tapi hari ini udah nggak di balas. kemarin Polo balas," kata Roy Marten kepada awak media di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 6 Maret 2024.

"Memang beliau itu sakit, udah beberapa bulan ini sakit. Ketika itu sempat masuk RS. Saya malah belum sempat besuk," sambung Roy Marten.

Roy Marten mengaku sempat meminta maaf kepada Polo, lantaran belum bisa menjenguk ke rumah sakit. Polo pun memaklumi dan mengaku akan segera keluar dari rumah sakit.

"Saya bilang sama dia, 'maaf mas saya belum bisa besuk'. Dia jawab 'oh saya udah pulang mas' katanya. Saya kaget dengar berita ini, saya kaget sekali," ungkapnya.

Roy Marten tidak mengetahui persis sakit yang diderita Polo. Namun Roy Marten teringat momen perjalanan bersama Srimulat yang dibatalkan, karena saat itu Polo harus dilarikan ke rumah sakit.

"Saya sendiri kurang tahu ya. Waktu itu saya jadi rombongan Srimulat, itu mau ke Surabaya atau kemana gitu. Tiba-tiba cancel Mas Polo masuk rumah sakit," kenangnya.

Di kesempatan sama, Roy Marten memanjatkan doa untuk Polo yang kini berpulang menghadap Sang Khalik. Ia berdoa semoga Polo Srimulat ditempatkan di sisi terbaik Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya mendoakan semoga saudara saya mas Polo pergi ke tempat yang tenang. Pergi ke rumah Bapa, tempat dimana tidak ada kesedihan dan kesakitan. Semoga Tuhan kita mengingat dan kekal kenangannya," ucap Roy Marten.

 

5 dari 6 halaman

4. Tessy Ungkap Pertemuan Terakhirnya dengan Polo Srimulat

Tessy terkejut mendengar Polo, rekannya di grup Srimulat, meninggal dunia. Diakui Tessy, ia mengaku antara percaya dan tidak mendapati kabar duka tersebut, hingga akhirnya, Tessy memutuskan menghubungi pihak keluarga Polo Srimulat untuk memastikannya.

Tessy menilai almarhum Polo adalah sosok yang cerdas. Apalagi untuk urusan pekerjaan, Polo adalah pribadi yang sangat bertanggung jawab.

"Saya dikabarin kaget, katanya meninggal. Antara percaya enggak percaya. Saya telepon, bener. Saya share ke temen-temen ke grup," kata Tessy di rumah duka, Kawasan Marga Mulya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu 6 Maret 2024.

"Mas Polo itu orangnya cerdas, tanggung jawabnya penuh," sambung Tessy.

Lebih lanjut Tessy menceritakan pertemuan terakhir dengan Polo pada 11 Maret 2024. Tessy menyebut almarhum masih memaksakan diri untuk menjalani syuting, meski kondisinya sedang sakit.

"Terakhir saya ketemu sama almarhum itu tanggal 11 kemarin, syuting. Saya sama Mas Kadir, Mbak Nunung syuting, itu sudah sakit. Dia paksakan," kenangnya.

Sebagai sahabat, kala itu Tessy menganjurkan Polo untuk beristirahat. Namun mendiang bersikeras menjalani syuting, dan merasa dalam keadaan baik-baik saja.

"Saya ngomong ya sudahlah enggak usah syuting. 'Aku sudah sehat, sudah sehat'. Tapi tabung oksigen ke mana-mana dia bawa. Bukan oksigen yang kecil, yang gede. Seringkali temen-temen kasih tahu, 'Kamu enggak usah syuting'. Tapi dia paksakan," ungkapnya.

Tessy menambahkan, terlalu banyak kenangan indah yang dilalui bersama almarhum. Tessy pun bersaksi bahwa Polo adalah pribadi yang sangat baik.

"Kalau bicara soal kenangan, enggak bisa diomongin. Dia baik baik sekali," ucap Tessy.

 

6 dari 6 halaman

5. Kadir Kenang Sosok Polo Srimulat

Kepergian Polo Srimulat menyisakan duka mendalam bagi rekan-rekannya sesama pelawak. Salah satunya Kadir, yang mengaku langsung menuju rumah duka setelah mendengar kabar sahabatnya meninggal dunia.

Di mata Kadir, almarhum Polo adalah sosok yang rendah hati dan mudah bergaul. Di samping itu, mendiang pribadi yang sangat dekat dengan keluarga.

"Pak Polo itu orangnya humble, supel sekali. Supel pinter bergaul. Biarpun dia itu pelawak junior, tapi saya akui dia udah bisa jadi senior karena dia bisa bergabung dengan pelawak-pelawak senior," ujar Kadir di rumah duka.

"Polo dengan keluarganya dekat saya lihat sendiri. Apalagi dengan ibunya ya sebelum ibunya nggak ada, dia sangat dekat sekali. Dengan keluarganya sangat erat sekali," sambung Kadir.

Kadir tak mengetahui persis sakit yang diderita mendiang. Namun pada Februari lalu, ia mendapati Polo sudah membawa tabung oksigen saat menjalani syuting.

"Bulan dua itu syuting juga sama saya, dia udah bawa tabung. Cuma sakit persisnya apa, saya juga kurang tahu. Saya tahunya cuma paru paru aja," ungkapnya.

Kadir melanjutkan, usah syuting Polo beristirahat di kediamannya daerah Bekasi, Jawa Barat. Meski kondisinya sakit, Polo tetap menjadi pribadi yang jenaka bagi teman-temannya.

"Nanti setelah syuting lima hari, dia istirahat di rumah sini. Cuma ya bercanda di grup WA itu tetep, kayak tidak ada perubahan," imbuh Kadir.

Kadir pun berdoa untuk mendiang Polo yang kini telah pergi untuk selamanya. Ia berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa menempatkan almarhum di sisi-Nya.

"Mudah mudahan diampuni dosanya dan diterima amal ibadahnya," ucap Kadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.