Sukses

Langkah Pemkab Paser Dorong Pariwisata Makin Maju, Salah Satunya Perkuat Promosi

Kabupaten Paser yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak potensi di sektor pariwisata, baik alam maupun buatan.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Paser yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak potensi di sektor pariwisata, baik alam maupun buatan. Pasalnya, Kabupaten Paser memiliki kurang lebih 58 objek wisata yang terbagi dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata bahari.

Dari banyaknya potensi destinasi wisata, salah satu yang sedang naik daun dan banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal atau nasional adalah Gunung Embun. "Negeri di Atas Awan" yang berlokasi di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser itu merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat.

"Destinasi wisata unggulan Kabupaten Paser sebetulnya banyak, ada destinasi wisata kecil dan besar. Dan yang sekarang ini sedang menarik perhatian banyak orang adalah Gunung Embun di Muara Samu," ujar Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser, Romif Erwinadi.

Romif juga mengungkapkan bahwa Dispora Kabupaten Paser memiliki langkah strategis untuk menguatkan sektor pariwisata tersebut. Dirinya pun menyebut, salah satunya adalah promosi dan perbaikan infrastruktur.

"Langkah strategis dari Dispora Kabupaten Paser adalah dengan memulai promosi hingga perbaikan infrastruktur pariwisata dan kami akan mencari prioritas destinasi wisata yang sedang ramai," ungkapnya.

"Banyak daerah yang belum merdeka dari infrastruktur jalan, yang oleh pak bupati sekarang mereka harus dibuatkan jalan, berupa rigid dengan harapan akan tumbuh ekonomi baru, kalau pun sudah bisa dibangun, jika ada pariwisata, hal itu bisa dikembangkan," jelas Romif.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusiasme Masyarakat Tinggi

Romif menyebut bahwa beberapa destinasi wisata di Kabupaten Paser mampu menyedot antusiasme yang tinggi, karena banyak masyarakat yang berkunjung.

"Antusiasme masyarakat tinggi, bahkan wisatawan asing dari Inggris dan Rusia sempat berkunjung ke Kabupaten Paser karena mereka tahu ada air terjun yang bagus di dalam kawasan hutan," sebutnya.

"Ada beberapa destinasi di wilayah pedalaman seperti air terjun, akan tetapi destinasi wisata tersebut belum dieksplor secara masif," jelas Romif.

Romif juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Paser tengah mengubah fokus pendapatan daerah yang tadinya hanya berasal dari batu bara ke sektor pariwisata.

"Alhamdulillah sekarang kami pelan-pelan mengubah pendapatan daerah Kabupaten Paser dari sebagian besar batu bara ke sektor pariwisata dan masyarakat antusiasi dengan pariwisata, jadi kami mengubah hal itu," ungkapnya.

Romif pun menegaskan bahwa di tengah keterbatasan infrastruktur jalan, Pemkab Paser akan melakukan fokus perbaikan ke daerah wisata yang jalannya masih terjal.

"Di tengah keterbatasan, potensi wisata yang bisa didatangi atau sudah mulai terkenal difokuskan perbaikannya," tegasnya.

 

3 dari 3 halaman

Kolaborasi dengan Emtek Digital

Di sisi lain, Pemkab Paser terus berkolaborasi dengan berbagai pihak yang salah satunya adalah media guna mempromosikan destinasi wisata. Dan salah satu media yang bekerja sama untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Paser itu adalah Emtek Digital.

"Kami bersama-sama Emtek Digital berkolaborasi untuk menunjukkan keindahan destinasi wisata di Kabupaten Paser supaya orang tertarik datang," ucap Romif.

"Beruntung kami memiliki kerja sama dengan Emtek Digital yang dari hulu ke hilir sudah memiliki ekosistem media, kami tinggal masuk terkait destinasi wisata di Kabupaten Paser yang ingin dipromosikan ke masyarakat," jelasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini