Sukses

Imigrasi: Ed Sheeran, Coldplay dan Jonas Brother Masuk Indonesia Pakai Visa Music Performer

Penyanyi kenamaan asal Inggris, Ed Sheeran, sukses menggelar konser di Jakarta pada Sabtu (2/3/2024). Sebagai musisi dunia, ternyata masuk ke wilayah imigrasi Indonesia menggunakan visa jenis baru, yaitu Music Performer Visa.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi kenamaan asal Inggris, Ed Sheeran, sukses menggelar konser di Jakarta pada Sabtu (2/3/2024). Sebagai musisi dunia, ternyata masuk ke wilayah imigrasi Indonesia menggunakan visa jenis baru, yaitu Music Performer Visa.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, menjelaskan visa Music Performer memiliki adalah visa elektronik indeks C7A yang lebih ringkas dari sebelumnya.

"Sehingga pada kesempatan kali kedua ini, pelantun lagu Thinking Out Loud itu bisa lebih mudah masuk ke Indonesia," kata Silmy dalam siaran pers diterima, Minggu (3/3/2024).

Silmy mengungkap, Music Performer Visa khusus diperuntukkan bagi musikus beserta krunya yang ingin melakukan kegiatan pertunjukan musik di Indonesia. Visa ini merupakan terobosan dari Ditjen (Direktorat Jenderal) Imigrasi untuk memudahkan perizinan musikus mancanegara melakukan konser di Indonesia.

"Kebijakan tersebut diharapkan mendukung Indonesia menjadi negara destinasi event internasional yang diperhitungkan," terang dia.

Silmy memastikan, untuk mendapatkan Music Performer Visa, artis internasional tidak perlu lagi melampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hingga surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun.

"Penyederhanaan persyaratan untuk artis mancanegara dilakukan karena mereka hanya beraktivitas dalam waktu singkat di Indonesia dan bukan merupakan kompetitor musikus lokal," ungkap Silmy.

Silmy melanjutkan, visa yang termasuk kategori single entry ini berlaku selama 60 hari dan dapat diajukan melalui website evisa.imigrasi.go.id dengan sponsor seperti penyelenggara konser, promotor musik, atau pihak terkait lainnya.

"Music Performer Visa untuk Ed Sheeran bukan yang pertama kali diterbitkan untuk artis internasional. Jenis visa yang resmi diluncurkan pada 14 September 2023 ini sebelumnya juga digunakan oleh grup musik Coldplay pada November 2023, grup K-Pop Twice pada Desember 2023 serta Jonas Brother pada Februari 2024," urai Silmy.

Secara detail, lanjut Silmy, terdapat 85 visa yang diterbitkan untuk konser musik Ed Sheeran, terdiri dari 11 Music Performer Visa (termasuk untuk Callum Scott serta para pemain alat musik) serta 74 Music Performer’s Crew Visa (indeks C7B).

"Dengan kebijakan keimigrasian yang lebih memudahkan penyelenggaraan gelaran internasional, kita berharap dapat memajukan wisata musik di Indonesia. Jika kita bisa menjadi destinasi favorit acara konser internasional, maka akan berdampak juga pada naiknya wisatawan mancanegara yang berdampak pada devisa negara," Silmy menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita Pengunjung Toko Vinyl Ketemu dan Berfoto dengan Ed Sheeran yang Mampir ke Pasar Santa

Bukan hanya menggelar konser di Jakarta, musisi asal Inggris, Ed Sheeran juga mengunjungi sejumlah tempat sebelum ia tampil di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu malam, 2 Maret 2024. Pelantun lagu "Perfect" ini membagikan momen saat ia mengunjungi Pasar Santa di bilangan Jakarta Selatan,

Pria berambut merah ini tampak tertarik dengan kaus bergambar Britney Spears yang tengah dipajang di sebuah toko di lantai dasar. "It's Britney b*tch," tulis Ed Sheeran lewat fitur Instagram Story pribadinya @teddysphotos tepat di hari konser. 

"Menyembunyikan sejumlah vinyl album Divide bertanda tangan di toko album di Pasar Santa di Jakarta. Silakan temukan," tulisnya lagi dalam bahasa Inggris.

Pria bernama lengkap Edward Christopher Sheeran itu tampak dijaga beberapa pengawal, sehingga tak ada yang berani terlalu dekat dengannya. Video kedatangan Ed Sheeran di Pasar Santa juga beredar luas di media sosial, salah satunya hasil rekaman pengguna TikTok @ivanariberoo. "Nggak nyangka ketemu bang Ed Sheeran," tulisnya di video.

Klip singkat itu juga menggambarkan bagaimana suasana sebuah toko vinyl mendadak heboh karena keberadaan Ed Sheeran. Terlihat pria 33 tahun tersebut juga menanggapi dengan ramah pemilik toko maupun pengunjung.

Di kolom komemtar video banyak warganet yang mempertanyakan alasan Ed Sheeran datang ke Pasar Santa. Pembuat video sempat menjawab bahwa sang penyanyi blusukan ke record store satu per satu.

"Blusukan dia nyamperin record store satu-satu, bang Ed lebih asik ke Pasar Santa," tulis @ivanariberoo yang mendapat kesempatan berfoto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.