Sukses

Kaesang Dianggap Bawa Dampak Kenaikan Suara PSI

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dianggap membawa dampak terhadap suara partainya di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dianggap membawa dampak terhadap suara partainya di Pemilu 2024.

Ketua DPD PSI Kota Tangerang, Theresia Megawati Wijaya mengatakan, sebagai bukti yaitu suara partainya di wilayahnya berpotensi mengalami kenaikan jumlah kursi.

"Saat ini perhitungan belum final masih penghitungan di kecamatan. Hitungan sementara naik 600% dari semula hanya satu kursi di DPRD Kota Tangerang menjadi enam kursi DPRD. Empat kursi di DPRD Kota dan dua kursi di DPRD Provinsi," klaim dia dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

Menurut dia, hal ini karena peranan Kaesang. Selain itu, juga karena PSI dianggap dekat dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Figur Pak Jokowi yang melekat di PSI sebagai partainya Pak Jokowi ditambah masuknya Mas Kaesang sebagai Ketua Umum PSI meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mendukung PSI," ungkap Theresia.

Selain itu, Mega menambahkan, perolehan suara ini juga buah dari kerja sama antar caleg.

"Baik itu yang berada di tingkat kota, provinsi dan nasional," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merasa Optimis

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep mengaku optimistis partainya bisa lolos DPR atau ke Senayan pada Pemilu 2024, meski dari hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei tidak tembus 4 persen yang merupakan ambang batas parlemen.

“Balik lagi kita harus menunggu hasil lengkap dari rekapitulasi dari KPU. Kita juga kan sekarang masih proses, jadi kita tunggu,” kata Kaesang kepada awak media di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024).

Sebab dari hasil quick count sejumlah lembaga survei rata-rata hanya menempatkan perolehan suara PSI dalam perebutan legislatif DPR RI di angka 2,9 persen, masih jauh dari ambang batas 4 persen parlemen.

 

3 dari 3 halaman

Kaesang Klaim Suara PSI di DPRD Naik 400 Persen

Meski begitu, Kaesang menyatakan prestasi partai berlogo mawar itu, untuk perolehan suara di tingkat legislatif provinsi dan tingkat Kabupateb/Kota sebesar empat kali lipat dari Pemilu 2019.

“Kita juga sudah melihat hasilnya yang untuk DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten kota yang di mana Insya Allah hasilnya cukup baik peningkatannya sekitar 400 persen."

"Yang di mana sekarang kita punya anggota dewan di provinsi itu 13 dan Alhamdulillah sekarang mungkin hampir 50,” tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini