Sukses

Eks Sekjen PKB Lukman Edy Ungkap Alasan Banyak Warga NU Coblos Prabowo-Gibran

Lukman membeberkan, sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi pemilih PKB dan Nahdliyin (warga NU) di Pilpres 2024. Diantaranya, performa capres-cawapres dalam debat dan kampanye, serta tema-tema yang diangkat selama masa kampanye.

Liputan6.com, Jakarta - Eks Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukman Edy mengatakan banyak pemilih dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan PKB yang mencoblos calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Hal inilah, kata dia yang membuat munculnya fenomena, dimana PKB memperoleh suara yang cukup tinggi dalam pemilihan umum (Pileg) 2024 ketimbang perolehan suara Anies-Muhaimin (AMIN) sebagai capres-cawapres.

"Ada peristiwa yang menarik ini, PKB-nya meningkat tetapi calon presiden-nya, ketua umum PKB-nya kalah. Lebih banyak Nahdliyin dan pemilih PKB memilih 02. Ini harus diterima, fakta ini," kata Lukman dalam forum diskusi di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (24/2/2024).

Lukman membeberkan, sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi pemilih PKB dan Nahdliyin (warga NU) di Pilpres 2024. Diantaranya, performa capres-cawapres dalam debat dan kampanye, serta tema-tema yang diangkat selama masa kampanye.

Selain itu, kata dia penggunaan media sosial juga dapat mempengaruhi pemilih. Terlebih, kata dia kemungkinan bahwa pendekatan kampanye yang agresif atau menyerang tak disukai pemilih Nahdliyin yang diuntungkan dari kebijakan era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sepertinya Nahdliyin itu tidak suka dengan cara menyerang, apalagi mungkin Nahdliyin itu selama ini merasa di-open-i (dipelihara) oleh pemerintahan Jokowi ‘lho kok, selama ini kita di-open-i oleh pemerintahan Jokowi, dibangunkan kampus, universitas NU di mana-mana, kemudian dikasih fasilitas macam-macam, tapi kok diserang’," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nahdliyin Senang dengan Hasil Pemilu 2024

Peristiwa ini, kata Lukman harus dipandang penting oleh PKB. Menurut dia, PKB bisa mengambil manfaat penuh dari peristiwa politik saat ini dengan merujuk kepada keputusan akar rumput PKB dan NU.

"Harus melihat ini suara konstituen seperti apa, suara konstituen NU seperti apa, suara konstituen PKB seperti apa sih. Nah ini kan sudah kita bisa lihat bagaimana konstituen NU yang menjadi apa perjuangan PKB selama ini dominannya kemana, dominannya seperti apa terhadap Pemilu ini," ujar dia.

Lebih lanjut, Lukman justru memandang bahwa Nahdliyin senang dengan hasil Pemilu 2024. Oleh sebab itu, kata Lukman mesti capres-cawapres yang diusung PKB tak memperoleh suara maksimal fakta itu harus diterima.

"Yang kita baca, (Nahdliyin) happy dengan Pemilu 2024. Bebas dia memilih siapa capresnya, bebas dia memilih siapa wapresnya, bebas dia memilih partainya kemana dia akan untuk legislatifnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.